https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   30 June 2021 - 19:25 wib

Agar UMKM Bertahan, Berdaganglah Secara Online

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Dua tahun terakhir ini, perekonomian lesu lantaran pandemi COVID-19. Tak hanya pelaku UMKM yang merasakan dampaknya, perusahaan besar pun apalagi.

Bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terutama pedagang kecil dan wirausaha menengah, perlu strategi khusus agar bisa tetap eksis di dunia bisnis yang mereka geluti.  

Ternyata, berdagang melalui media online adalah salah satu pilihan terbaik untuk saat ini. "Mau bisnis anda tetap survive? Maka di zaman sekarang ini bisnis offline Anda harus mulai untuk Go-Online", ujar Amrizal, owner dari Bangizaltoy.com, Jakarta, Selasa (30/6/2021).

Menurut Bang Izal, sapaan akrab pengusaha yang bergelut di bidang bisnis mainan anak dan kini telah mempunyai 2 toko mainan anakitu, go bisnis online, saat ini menjadi cara yang harus dilakukan seluruh UMKM, termasuk dirinya.

"Memang, dengan membuka bisnis secara online akan memberikan dampak positif terhadap penjualan, karena pembeli tidak perlu secara fisik mendatangi lokasi, namun cukup dengan membuka web dan pesan secara online," ungkapnya.

Saat ini, kata dia, banyak sekali cara untuk melakukan bisnis melalui internet atawa bisnis online. Yang paling mudah adalah bergabung dengan market-place seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu juga bisa menjual produk melalui media social semacam facebook, dimana kita beriklan melalui facebook yang menjangkau banyak audience. Karena dengan berjualan dan menawarkan barang melalui marketplace dan juga social media akan membuka peluang penjualan produk anda secara online.

Kata Bang Izal, ada sejumlah keuntungan yang bisa direguk pelaku UMKM dari bisnis secara online. Misalnya, tidak dibatasli lokasi. Apabila tidak memiliki toko offline, masih bisa memasarkan barang melalui online. Keuntungan lainnya adalah luasnya jangkauan pasar.

"Dengan adanya koneksi internet saat ini, anda dapat menjual produk anda tidak hanya di lokal area tertentu tapi bisa hingga ke luar negeri. Hal ini tentunya sangat menguntungkan anda karena akan membuat bisnis usaha anda banyak dikenal dan omset menjadi meningkat secara signifikan," tuturnya.

Keuntungan lainnya, kata Bang Izal, adalah tidak perlu modal besar. Dengan melakukan bisnis online, dijamin anda tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan hanya bermodalkan HP Android dan juga komputer atau laptop  yang tersambung dengan internet, dijamin anda bisa menjalankan bisnis secara online.

"Hanya dengan memaksimalkannya melalui promosi di market place dan media sosial, anda dapat melakukan penjualan yang menakjubkan serta mendapat keuntungan yang cukup besar," tuturnya.

Dikatakan Bang Izal, bisnis online sangat mudah dipelajari. Sebagian orang neranggapan, pengusaha sukses memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai bidangnya. Hal ini tidaklah semua benar, begitu juga saat menjalankan bisnis online.

"Anda tidak diharuskan mempunyai basic yang jago di bidang online. Dengan belajar sendiri, anda bisa belajar dengan membaca website tentang bisnis online dan juga dari video youtube yang saat ini banyak beredar," ungkapnya.

"Atau mungkin juga bisa mengikuti pelatihan belajar bisnis online yang saat ini banyak bertebaran di internet, namun berhati-hati dalam memilih, jangan sampai tertipu oknum yang tidak bertanggungjawab. Intinya, salah satu syarat menjadi pengusaha yang sukses adalah pantang menyerah. Mau membangun semuanya dari awal atau nol hingga nantinya mampu mencapai kesuksesan," imbuhnya.

Masih kata Bang Izal, melakukan tata cara penjualan online, tidak perlu melakukan pemasaran secara langsung door to door. Customer baru akan didapatkan setelah mereka membuka promo anda melalui marketplace dan social media tempat anda promo. "Dan, juga calon pembelipun mungkin berasal dari wilayah yang tidak anda sangka-sangka. Bahkan meski anda di jawa, bisa saja pembeli berasal dari Merauke. Dan biasanya jumlah barang yang dibeli banyak terkadang partai besar karena mereka mungkin membeli untuk dijual lagi," pungkasnya. [tar]

 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Fitur Baru WhatsApp Buka Peluang Bisnis UKM Lokal

WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk memungkinkan pencarian bisnis di dalam aplikasi untuk perta
berita-headline

Inersia

Studi: Ekonomi UMKM Lebih Tumbuh Merespons Pandemi

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diyakini berperan dalam pemulihan ekonomi di masa krisis,
berita-headline

Viral

Demi Majukan UMKM, BTN Ingin Produk Lokal Lebih Dicintai

Presiden Joko Widodo mencanangkan cinta produk dalam negeri, mengurangi impor. Instruksi presiden
berita-headline

Inersia

Pandi: Digitalisasi UMKM Jadi Kunci Bertahan Saat Pandemi

Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Yudho Giri Sucahyo mengatakan generasi mud
berita-headline

Inersia

Kisah Dua UMKM Lokal yang Berhasil Mendunia

Tak pernah terpikirkan sebelumnya bagi M. Adzwin Perwira bisa menjual produk h