https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   30 June 2021 - 21:31 wib

Bea Cukai Terus Beri Edukasi Tentang Cukai

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Dalam rangka memperluas pemahaman masyarakat terhadap cukai, sosialisasi dan edukasi terus diberikan Bea Cukai di berbagai daerah. Kali ini sosialisasi digelar di tujuh wilayah yaitu Bea Cukai di Makassar, Parepare, Blitar, Samarinda, Entikong, Malang, dan Magelang.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro menyebutkan kegiatan sosialisasi dilakukan dengan berbagai pembahasan diantaranya barang kena cukai (BKC) ilegal, dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT), hingga asistensi pengguna jasa terkait mekanisme di bidang cukai.

“Kami berharap dengan diadakannya sosialisasi ini warga lebih memahami aturan di bidang cukai serta berperan aktif untuk melaporkan bila menemukan pelanggaran-pelanggaran ke kantor Bea Cukai terdekat,” ujar Sudiro.

Dalam melaksanakan sosialisasi, Bea Cukai juga menggandeng Pemda setempat untuk bersinergi memberi edukasi kepada warganya, beberapa diantaranya Bea Cukai Makassar dengan Pemda Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Bantaeng melaksanakan sosialisasi kepada tentang DBHCHT dan ciri-ciri rokok ilegal. Kemudian Bea Cukai Blitar bersama Camat Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, dan sosialisasi oleh Bea Cukai Malang bersinergi dengan Pemkot Batu.

Masih terkait ciri-ciri dan bahaya BKC ilegal, sosialisasi dan edukasi juga diberikan oleh Bea Cukai Parepare lewat kegiatan operasi pasar menyasar para pedagang rokok eceran maupun kios. Kegiatan serupa dilakukan Bea Cukai Samarinda dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pemilik toko mengenai peredaran rokok ilegal. Selain itu, Bea Cukai Entikong turut melakukan sosialisasi serupa sekaligus melaksanakan kegiatan monitoring harga jual eceran (HJE) untuk memastikan harga transaksi pasar tidak melampaui batasan harga jual eceran yang tercantum dalam pita cukai rokok.

Kemudian, untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bidang cukai kepada pengguna jasa, Bea Cukai Magelang lewat kegiatan ‘Bincang Tentang Cukai (Bingkai)’ memberikan asistensi terkait peraturan di bidang cukai kepada pengusaha pabrik hasil tembakau terkait P3C, CK-1, pengajuan merek, perubahan NPPBKC, dan sebagainya.

“Dengan adanya acara ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan pengguna jasa terhadap peraturan di bidang cukai, sehingga akan menggali potensi dan meningkatkan penerimaan di bidang cukai, serta dapat meningkatkan sinergi dengan para stakeholder,” harap Sudiro.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan