https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   30 June 2021 - 22:20 wib

Bea Cukai Luncurkan Aplikasi SIANDRU

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Pasuruan - Berada di tengah pandemi Covid-19 menuntut instansi pemerintah untuk mengoptimalkan teknologi pada setiap proses bisnisnya. Menjawab tantangan ini, Bea Cukai Pasuruan menciptakan aplikasi SiANDRU yang berbasis dalam jaringan sebagai media untuk memberikan kemudahan pelayanan.

Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan, Hannan Budiharto, secara daring melalui acara soft launching yang mengundang pengguna jasa, menjelaskan, SiANDRU merupakan akronim dari sistem antrian depan dan layanan tanpa turun. Aplikasi ini merupakan inovasi terbaru yang diluncurkan guna meningkatkan kualitas pelayanan.

Hannan menambahkan, dengan apliasi SiANDRU, pengguna jasa dapat menyampaikan dokumen terlebih dahulu/sebelum hari seharusnya, sehingga petugas dapat menyiapkan layanan sebelum pengguna jasa tiba agar tidak perlu menghabiskan waktu tunggu terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan.

Tidak hanya itu, kata Hannan, aplikasi ini menawarkan layanan tanpa turun/drive thru untuk dokumen tertentu. Dengan adanya layanan ini, durasi dalam penyerahan dokumen dapat lebih singkat dan dapat mengatasi permasalahan keterbatasan lahan parkir.

“Tidak bisa dipungkiri dampak adanya virus Covid-19 sangat terasa. Maka dari itu Bea Cukai Pasuruan membuat aplikasi SiANDRU agar pelayanan yang diberikan selalu maksimal namun tetap memperhatikan keamanan kedua belah pihak dengan meminimalisasi interaksi pelayanan tatap muka,” ujar Hannan.

Aplikasi ini juga memberikan transparansi nama serta nomor ponsel petugas untuk keperluan pelayanan. Selanjutnya, setiap pelayanan mendapatkan tanda terima secara otomatis dan petugas maupun pengguna jasa dapat mencetak riwayat layanan kapanpun dan dimanapun apabila dibutuhkan.

“Sebagai bentuk feedback demi peningkatan kualitas layanan yang diberikan Bea Cukai Pasuruan, pengguna jasa diharapkan untuk dapat memberikan komentar, kritik, dan saran dalam aplikasi SiANDRU. Hal ini akan menjadi catatan penting bagi kami untuk terus berbenah agar lebih baik kedepannya,” pungkas Hannan.

Bersamaan dengan acara soft launching aplikasi SiANDRU, Bea Cukai Pasuruan juga sosialisasikan Peraturan Menteri Keuangan nomor 65/PMK.04/2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan nomor 131/PMK.04/2018 tentang Kawasan Berikat.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan