https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   30 June 2021 - 23:06 wib

Bea Cukai Gencarkan Pengawasan Laut dan Darat

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Bea Cukai terus melakukan berbagai strategi pengawasan dan penegakan hukum dalam menjaga kedaulatan dan menindak pelanggaran di perbatasan wilayah NKRI, diantaranya dengan meningkatkan sinergi dalam pengetatan penjagaan baik di wilayah perairan atau darat Indonesia.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai Sudiro mengatakan pengawasan wilayah RI merupakan tanggung jawab bersama berbagai pihak. “Kita akan siap menjaga wilayah NKRI, tentu dengan sinergi yang baik dengan berbagai pihak, baik di darat dan laut, mengingat luasnya wilayah pengawasan di Indonesia,” imbuhnya.

Di Surabaya, sebagai bentuk sinergi dalam meningkatkan pengawasan dan pengamanan wilayah perairan laut Indonesia, Bea Cukai Tanjung Perak bersama Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I, Bea Cukai Gresik dan Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jawa Timur melaksanakan patroli laut gabungan, Kamis (24/06). Kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan pengawasan dalam mencegah penyelundupan melaui pesisir utara Jawa Timur.

Apel pembuka Sinergi Patroli Laut Bea Cukai bersama Polairud Polda Jatim dilakukan di Dermaga Ditpolairud Jawa Timur, Surabaya. “Kegiatan ini adalah salah satu tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri dengan Bea Cukai tentang peningkatan sinergi, operasional, sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, di dalam tukar data dan informasi, pada tahun 2020 silam,” ujar Sudiro.

Selanjutnya di Kabupaten Kupang, dalam meningkatkan pengawasan perbatasan, Bea Cukai Kupang melaksanakan serangkaian kunjungan ke beberapa Instansi terkait di Pos Pengawasan Oepoli, perbatasan Indonesia dengan Distrik Oekusi, Republik Demokrat Timor Leste (RDTL), pada Selasa (29/06).

Kunjungan pertama dilakukan ke Pos Penjagaan Satgas Pamtas RI-RDTL, yang disambut langsung oleh Dankipur Satgas Pamtas, Lettu Kurnia Ostra. Kunjungan dilanjutkan ke Pos Polisi Perbatasan Oepoli. Kunjungan tersebut merupakan langkah Bea Cukai Kupang untuk menjalin sinergi yang baik antar   instansi di wilayah perbatasan dan untuk mengenalkan personil Bea Cukai yang sedang bertugas di Oepoli.

Kegiatan Terakhir, Bea Cukai Kupang bersama TNI dan Polri mengunjungi Pasar Oepoli. Pasar Oepoli merupakan pasar yang dibuka tidak hanya untuk warga Indonesia, namun juga untuk warga pelintas batas dari desa Citrana, Timor Leste. Pasar ini cukup unik, karena hanya aktif pagi samapai siang pada hari Selasa.

“Kami harap koordinasi dan sinergi dalam pengawasan wilayah NKRI tetap terjaga dengan baik, dengan efisiennya pengawasan bersama ini, tujuan kami tidak lain adalah meningkatkan keamanan dan menghilangkan pelanggaran demi Indonesia yang semakin baik,” pungkas Sudiro.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan