https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   02 July 2021 - 16:00 wib

Ini Sejumlah Peraturan Ketat Selama PPKM Darurat

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat) dimulai dari 3 sampai 20 Juli 2021.

Aturan itu tertera dalam "Panduan Implementasi Pengetatan Aktivitas Masyarakat pada PPKM Darurat di Provinsi-Provinsi di Jawa Bali".

Berikut aturan PPKM Darurat Jawa-Bali 3-20 Juli yang berlaku di 122 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa dan Pulau Bali:

1. WFH 100 Persen

Pemerintah mewajibkan perkantoran untuk memberlakukan Work From Home (WFH) 100 persen. Aturan tersebut berlaku bagi sektor nonesensial.

Sementara sektor esensial diizinkan menyelenggarakan kegiatan perkantran dnegan presentase 50 persen. Sektor yang menerapkan 50 persen yakni keuangan, perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan dan industri orientasi ekspor.

Sektor kritikal seperti energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan, minuman, petrokimia, semen, dan objek vital nasional diperbolehkan beroperasi 100 persen.

2. Mal Ditutup

Pemerintah menutup mal, pusat perbelanjaan, dan pusat perdagangan. Nantinya, restoran, kafe dan tampat makan tidak boleh meyalani dine in.

Namun, supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 50 persen, toko penjual obat diperbolehkan beroperasi hingga 24 jam.

3. Sekolah dan Ibadah

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ditiadakan kembali untuk sementara. Para murid diwajibkan melakukan pembelajaran daring.

Kegiatan ibadah untuk sementara juga dilakukan di rumah, tidak diperbolehkan di tempat.

4. Kegiatan Sosial Ditiadakan

Kegiatan seni, budaya, olahraga, sosial kemasyarakatan, serta kegiatan sosial dilarang oleh Pemerintah. Pemerintah sendiri akan menutup fasilitas umum seperti taman bermain dan wisata.

Resepsi pernikahan selama PPKM Darurat hanya boleh digelar paling banyak 30 orang, para tamu juga dilarang makan di tempat acara.

5. Kartu Vaksin Untuk Perjalanan

Selama PPKM Darurat, masyarakat wajib menunjukkan kartu vaksinasi untuk perjalanan jarak jauh. Warga minimal juga harus mendapatkan 1 dosis vaksin sebelum ke luar kota.

Selain itu, pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi pesawat harus menunjukkan bukti negatif covid-19 (tes swab PCR).

Tes dilakukan 2 hari sebelum perjalanan. Penumpang moda transportasi cukup menunjukan hasi antigen sehari sebelum keberangkatan.

6. Wajip Pakai Masker Dua Lapis

Pemerintah memperketat protokol kesehatan penggunaan masker. Setiap orang yang keluar rumah wajib menggunakan masker, pemerintah menganjurkan agar penggunaan masker sebaiknya dua lapis. Masker bedah dan masker N95 lebih disarankan karena dapat menahan droplet. [wll]

 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Survei: Masyarakat Tak Puas dengan PPKM

Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan survei kepada publik tentang kebijakan PPKM (Pemberla