https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   03 July 2021 - 15:12 wib

PB HMI Gelar Konsinyering Konstitusi

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menggelar Konsinyering Konstitusi di D Hotel, Jakarta Selatan secara virtual dihadiri 14 Badko HMI se Indonesia.

Hadir pula PJ Ketua Umum PB HMI Abdul Muis Amiruddin, Koordinator Majelis Pengawas dan Konsultasi (MPK) PB HMI Muhammad Safii, Wahyu Hamdani, dan Basri Dodo sebagai anggota MPK.

Abdul Muis mengatakan konsinyering konstitusi membahas sejumlah aturan organisasi dan ini merupakan amanah konstitusi sebelum Kongres HMI ke-XXXI di Makassar berlangsung.

"Semua draf yang mau dibawa ke kongres itu di bahas di sini. Terutama mengenai rule model organisasi yang di dalamnyq berbicara konstitusi HMI termssuk peran-peran seluruh stakeholder di strukturnya baik itu Badko sebagai kepanjangan tangan dari HMI maupun di PB HMI," ujar Abdul Muis saat memberikan sambutan pembukaan.

Menurut Abdul Muis, Kongres HMI yang akan berlangsung di Makasar nanti merupakan hajatan pesta demokrasi yang berkualitas bagi kader-kader HMI. Kongres bukan sebagai ajang kumpul-kumpul kader HMI.

"Tapi kongres Makasar ini harus menjadi kongres yang mencirikan kongres HMI, kongres yang diwarnai oleh diskursus, kongres yang diwarnai oleh dialektika yang menguatkan masa depan organisasi. Artinya hasil konsinyering ini nanti akan dibawa ke kongres untuk dibahas," katanya.

Ditambahkan Abdul Muis, keputusan Konsinyering merupakan resolusi dari semua persoalan yang selama ini dialami organisasi mahasiswa yang didirikan pada 1947 tersebut.

"Hasil konsinyering ini adalah resolusi dari semua persoalan yang ada di HMI yang selama ini kita kenal mudah pecah belah, HMI yang sarat akan kepentingan politik. Nah daru konsinyering ini kita akan menbuat formulasi agar HMI kedepan menjadi organisasi lebih baik," tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Koordinator MPK PB HMI Muhammad Safii. Dia menegaskan semua aturan organisasi menjadi bahasan bersama peserta. Misalnya, dia menyebutkan, jika ada pasal-pasal kontitusi HMI yang mau dirubah maka hal itu dibahas pada forum konsinyering dan untuk selanjutnya akan dibahas kembali pada Kongres HMI di Makasar.

"Intinya mempertegas tugas dan wewenang Badko mengenai pengesahan cabang dan penguatan internal. Artinya sebelum masuk ke kongres kita butuh memperkuat aturan organisasi, penataan organisasi untuk memperkuat internal organisasi. Selama ini banyak yang rawan aturan organisasi diselewengkan dan dualisme kepengurusan. Harapannya organisasi tidak pecah, dan memberikan kontribusi pada bangsa dan negara," katanya.

Tag :
VALUE
Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

News

Pemprov DKI Cabut Izin DWP Tahun Depan

INILAHCOM, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mencabut izin penyelenggaraan pertunjukan mus
berita-headline

News

Polri Diharapkan Bekerja Lebih Ekstra Tahun 2020

INILAHCOM, Jakarta - Esok, tahun 2019 akan berganti menjadi tahun 2020. Disitu pula ki
berita-headline

News

Kinerja Polri Sangat Baik Selama Tahun 2019

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi kinerja P
berita-headline

News

Anies Tahun 2020: Wagub DKI Lebih Cepat Lebih Baik

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya harapan di tahun 2020.
berita-headline

News

ICW Sebut Sebagai Cara Runtuhkan Independensi KPK

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) dinilah sebagai cara meruntuhkan