https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   05 July 2021 - 17:59 wib

Ditunggu, Kasasi Kejagung Atas Pinangki

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Kejaksaan Agung (Kejakgung) agar segera mengajukan kasasi atas putusan tingkat banding mantan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejakgung Pinangki Sirna Malasari.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengingatkan hari ini merupakan tenggat waktu akhir bagi Kejakgung untuk mengajukan kasasi."Maka dari itu, ICW mendesak agar langkah kasasi segera ditempuh," kata Kurnia lewat keterangan tertulis, Senin (5/7/2021).

Jika tidak ajukan kasasi, lanjut Kurnia, maka dugaan publik selama ini makin terkonfirmasi bahwa Kejagung sedari awal memang ingin melindungi dan berharap agar Pinangki dihukum rendah."Bagi ICW, Pinangki layak untuk dihukum maksimal," tegas Kurnia.

Selain karena kejahatannya dilakukan saat masih menyandang status sebagai penegak hukum (jaksa), Pinangki telah melakukan tiga tindak pidana sekaligus, yakni suap, pencucian uang, dan permufakatan jahat.

Bahkan, Pinangki menjalankan praktik korupsi guna membantu buronan perkara korupsi hak tagih Bank Bali yang sedang dicari oleh Kejakgung kala itu, Djoko Tjandra. "Selain hal tersebut, putusan banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta itu harus segera dianulir oleh Mahkamah Agung, sebab, dikhawatirkan akan menjadi preseden buruk bagi persidangan korupsi lainnya yang melibatkan oknum penegak hukum," tegas Kurnia.

PT DKI Jakarta memotong hukuman jaksa Pinangki Sirna Malasari dari sebelumnya 10 tahun menjadi empat tahun penjara dalam kasus penerimaan suap, permufakatan jahat, dan pencucian uang. Putusan itu diambil oleh Ketua Majelis Hakim Muhammad Yusuf dengan hakim anggota Haryono, Singgih Budi Prakoso, Lafat Akbar, dan Renny Halida Ilham Malik pada tanggal 14 Juni 2021.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Kinerja Kejagung Dipertanyakan Dalam Kasus Jiwasraya

Jaksa diduga tidak profesional dalam menangani kasus Jiwasraya. Hal tersebut merujuk putusan Maje
berita-headline

Viral

Dakwaan Tidak Profesional, Alarm Runtuhnya Penegakan Hukum di Indonesia

Tim jaksa penuntut umum (JPU) kembali melimpahkan berkas perkara 1
berita-headline

Viral

Jadi Tersangka, Begini Peran Alex Noerdin Dikasus Korupsi Gas Bumi

Mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin telah ditetapkan Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai
berita-headline

Viral

Perusahaan Asing Layangkan Gugatan Penyitaan Aset, Kasus Asabri Bisa Ganggu Investasi

Perusahaan pelayaran berbasis di Panama, Shining Shipping S.A. men
berita-headline

Viral

Jadi Tersangka, Alex Noerdin Langsung Ditahan di Rutan KPK

Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka, Anggota DPR Alex Noerdin langsung menjalani penahanan