Ini Saran Demokrat:

Bukan Menko, Jokowi Tepat Pimpin Perang Corona

IN
Oleh inilahcom
Kamis 08 Juli 2021
share
Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution,

INILAHCOM, Jakarta -Penunjukan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai panglima perang melawan Corona alias COVID-19, dinilai kurang pas. Harusnya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution, Presiden Jokowi seharusnye turun tangan, memimpin langsung perang melawan Corona yang semakin menggila. Jadi, bukan menteri ataupun menko yang memimpin penanggulangan masalah besar ini.

Benar saja, perkembangan pandemi COVID-19 di tanah air, justru mengkhawatirkan. Di mana, penularan harian COVID-19 di Indonesia terus naik dari 25 ribu, kini sudah di atas 30 ribu kasus baru. Banyak rekor baru yang semakin bikin miris rakyat dari segala lapisan. "Sebaiknya Bpk pimpin sendiri perang melawan virus import tsb," ungkap Syahrial lewat akun twitter @syahrial_nst, Kamis (8/7/2021), ditujukan kepada akun twitter Presiden Jokowi.

Kata Syahrial yang juga mantan wartawan senior sebuah harian politik nasional itu, Presiden Jokowi perlu mengambil alih, lantaran perkembangan kasusnya terus naik. Bahkan sudah masuk level amat sangat mengkhawatirkan. Saat ini, sudah banyak orang dinyatakan kalah dalam melawan COVID-19.

Bahkan, banyak masyarakat Indonesia juga khawatir akan kalah bila positif terinfeksi covid 19 saat ini. "Sosok pemimpin melawan covid 19 seharusnya bukan menteri suka mengancam dan mau menang sendiri," tuturnya.

Namun begitu, Syahrial tidak menyebut secara rinci siapakah menteri yang dimaksud. Informasi saja, data per Rabu (7/7/2021), Satgas covid 19 mencatat penambahan kasus baru sebanyak 34.379 pasien, membuat total kasus di Indonesia menembus 2.379.397 kasus sejak awal pandemi.

Dalam laporan yang sama, juga tercatat penambahan rekor angka kematian sebanyak 1.040 pasien, membuat total angka kematian mencapai 62.908 orang. Sementara itu pasien sembuh bertambah 14.835 hari ini membuat total pasien sembuh sebanyak 1.973.388 orang.

Pemeriksaan spesimen pada hari ini menembus 199.143 kasus. Adapun total kasus aktif atau pasien yang masih menjalani perawatan dan isolasi sebanyak 343.101 pasien.

Kemarin, angka kasus covid 19 mencapai 31.189 kasus covid 19 dalam 24 jam. Dalam kurun waktu sama juga ditemukan 15.863 kasus sembuh dan 728 kasus meninggal secara nasional.

Dan, Presiden Jokowi telah menunjuk Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan sebagai pimpinan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat secara nasional, guna menanggulangi pandemi covid 19.

Dia menyebut, pengetatan PPKM akan berlaku di Pulau Jawa dan Bali. Sementara itu, penanganan pemulihan kesehatan dan perekonomian lainnya juga dipimpin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.[ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA