https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   13 July 2021 - 21:45 wib

Belajar Menggunakan Media Visual Mudahkan Siswa

berita-profile

Inilah

0

0

Materi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berlaku sejak pandemi mestinya dibuat lebih praktis, mudah dipahami dan menyenangkan bagi siswa. Karenanya, penggunaan media visual yang menyajikan kata dan gambar lebih menarik untuk mentransfer materi belajar.

Seperti diketahui, generasi anak didik saat ini adalah generasi digital native yang sudah mengenal media elektronik dan digital sejak lahir. Karenanya, pendidik perlu meningkatkan kemampuan diri agar dapat mengajar lebih berkualitas. Untuk itu platform belajar, seperti Guru Binar memberi solusi untuk peningkatan kualitas guru dalam mengajar.

Media visual adalah alat bantu mengajar dalam bentuk kombinasi gambar, teks, dan animasi tanpa audio, atau yang bisa dinikmati oleh indra penglihatan saja, dan dibuat dengan menarik sehingga menyenangkan untuk lihat.

Salah satu contoh dari media visual adalah komik edukasi. Anak akan lebih tertarik melihat gambar yang disajikan dengan warna yang tepat dan pemilihan kata yang ringan serta mudah dipahami dalam percakapan karakter-karakternya.

Dibandingkan dengan membaca buku tebal, komik edukasi akan lebih memudahkan siswa mengerti apa yang guru ingin sampaikan pada materi belajar. Namun membuat komik itu tidaklah mudah, perihal itu platform Guru Binar memberikan solusinya melalui komik edukasi.

Fungsi Komik Edukasi dalam Pembelajaran
Komik Edukasi berfungsi untuk sarana edukasi dan hiburan bagi pembacanya. Tidak hanya itu komik edukasi juga menjadi alat untuk mempermudah guru dalam mengajar dan membuat siswa senang dalam belajar.

Terdapat tiga jenis komik yang bisa dijadikan komik edukasi, di antaranya Komik Online atau komik yang berasal dari situs online, Komik Strip atau komik yang terdiri dari beberapa panel gambar dan isinya mengungkapkan gagasan yang utuh, serta Komik Buku atau komik yang berbentuk buku yang menampilkan cerita utuh.

Jenis komik yang paling mudah untuk dibuat adalah Komik Strip atau komik potongan, karena berisi beberapa potong gambar yang dibuat dalam satu bagian cerita (cerpen). Kebanyakan komik edukasi menggunakan jenis Komik Strip agar lebih mudah dan praktis untuk dibuat.

Unsur-Unsur dalam Komik Edukasi
Lima unsur dalam Komik Edukasi yang digunakan untuk mempertegas karakter dari komik, antara lain Balon Kata yang menjelaskan adanya monolog, dialog ataupun narasi cerita. Balon Kata memiliki banyak jenis dan arti, seperti balon teks berpikir dibuat dengan tanda putus-putus.

Parit Komik adalah batas ilustrasi dari komik, menjadi pembatas dari potongan gambar satu dan lainnya pada satu bagian cerita. Adapula Panel Komik yang merupakan bentuk kotak yang membingkai ilustrasi dan teks sehingga membentuk alur cerita, alur cerita biasanya juga ditegaskan oleh penempatan kotak ini.

Penokohan atau tokoh dalam komik edukasi sebaiknya dirancang minimal dua tokoh dengan karakter yang kuat satu sama lain. Di mana satu orang menjadi penanya atau tokoh yang penasaran dan karakter lain menjawab atau menjelaskan materi. Bisa pula divariasikan dengan penambahan tokoh figuran.

Terakhir adalah Ilustrasi atau aset visual yang diberikan efek agar lebih mudah menyampaikan pesan dan menggambarkan peristiwa yang menjadi alur cerita. Misalnya saja, Komik Edukasi sejarah, maka ditampakkan ilustrasi dari peristiwa yang akan disampaikan.

Tahap dalam Membuat Komik Edukasi
Membuat Komik Edukasi memang tidak sulit dan juga tidak bisa dibilang mudah, namun jika ada kemauan pasti akan selesai dengan hasil yang memuaskan. Mendapatkan Komik Edukasi yang baik membutuhkan empat tahap pembuatan di dalamnya.

Apa saja tahapnya, pertama harus membuat Topik atau Materi apa yang akan dibahas dalam komik. Kedua membuat Konsep Cerita dengan menggabungkan topik ke dalamnya atau bisa disebut gambaran kasar dari cerita pendek yang akan dituangkan dalam Komik Edukasi.

Ketiga membuat Storyline secara lengkap dan jelas terkait keseluruhan Komik Edukasi (belum pada tahap visual). Storyline berisi judul dan topik pembelajaran, nama pembuat cerita, target pembaca, tujuan pembelajaran, nama tokoh, sinopsis, dan dialog tiap adegan.

Terakhir adalah tahap ilustrasi atau membuat gambar dengan berpatokan pada Storyline yang sudah dibuat. Banyak sekali wadah untuk membuat Komik Edukasi secara online seperti menggunakan Canva atau Pixton.

Kelas Online Pengembangan Media Komik Edukasi
Platform Guru Binar menawarkan kelas dan pelatihan online dalam membuat dan mengembangkan media visual yaitu Komik Edukasi sebagai media pembelajaran siswa. Kelas dan pelatihan online terkait Komik Edukasi berdurasi 3 jam pelajaran (JP) serta akan mendapatkan sertifikat dan portofolio.

Fasilitas yang diberikan pada tiap kelas dan pelatihan online dari Guru Binar yaitu materi pengajaran dapat diakses selamanya, gratis bahan bacaan, video pembelajaran, worksheet, dan portofolio. Yuk cek Guru Binar Sekarang untuk kualitas mengajar guru yang lebih unggul.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Ini Alasan Sekolah di Medan Belum Diizinkan Tatap Muka

Sebagian besar wilayah Jawa-Bali sudah melakukan sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka
berita-headline

Inersia

Solusi Murah Les Interaktif untuk Siswa Belajar Selama PPKM

Platform belajar daring Les-Online.com berupaya hadir sebagai solusi pendampingan belajar secara
berita-headline

Viral

Terlalu Lama Daring, Puluhan Siswa SMA Pilih Menikah

Sejumlah bangku sekolah di beberapa SMA dan SMK Kota Mandailing Natal, Sumatra Utara tampak koson
berita-headline

IXU

Ini 5 Aplikasi Penting untuk Belajar Daring

Pertanyaan: Aplikasi apa saja yang penting dalam mengembangkan edukasi daring?Ja
berita-headline

Inersia

Ini Penyebab Banyak Siswa Tak Dapat Kuota Gratis

Pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) menjadi kegiatan sehari-hari yang dilakukan seti