Proyek Pompa Sentiong Ancol

Pemenang Tender Keluhkan Soal Komitmen Ini

IN
Oleh inilahcom
Kamis 15 Juli 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Produsen East Pump, selaku salah satu pemenang tender pengadaan proyek Pompa Air Sentiong Ancol, mempertanyakan adanya pergantian merk sepihak.

Ika, salah satu perwakilandistributor East Pump di Indonesia, menyebutkan pihaknya seharusnya menjadi rekanan Wijaya Karya dalam proyek senilai Rp437,6 Miliar tersebut.


"Merk pompa kami sudah dibawa Wijaya Karya dalam proses tender hingga akhirnya dinyatakan lolos sebagai pemenang," kata Ika melalui siaran persnya, Kamis (15/7/2021).

Namun demikian, kata Ika, saat berproses janji untuk penandatanganan kontrak tidak terealisasikan. Malahan, merk mereka dicoret dari daftar rekanan pompa tanpa adanya penjelasandari Wijaya Karya mengenai hal tersebut.


Sementara itu, perwakilan dari Wijaya Karya menyatakan pihaknya hanya menjalani petunjuk dari pemberi proyek yakni Kementerian PUPR yang ditangani langsung Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane.

"Biasanya di spesifikasi sudah tertera jenisnya dan kita kalau mau mengadakan harus mengacu ke situ. Kalau di Sentiong saya tidak tahu sudah mengarah nama atau belum tapi biasanya sudah jelas arahnya oleh pemberi proyek, " jelas Aan, Humas Wijaya Karya

Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Heri Mulyono menyebutkan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menentukan merk. Sebab dari pemerintah hanya sebatas memberikan spesifikasi yang harus dipenuhi oleh kontraktor.

"Kalau masih suplier siapa kami tidak ikut campur. Yang kami kontrol spesifikasinya memenuhi apa yang kami perlukan. Kita pyur sesuai kebutuhan teknis lapangan, " tutupnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA