https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   18 July 2021 - 07:11 wib

Sejumlah Wilayah Indonesia Potensi Duguyur Hujan

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta -  Sejumlah wilayah di Indonesia potensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang  pada Minggu (18/7/2021).

Dalam  situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat diperingatkan untuk Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua, dan Papua Barat.

Sirkulasi siklonik terpantau di Papua bagian barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan utara Papua hingga pesisir barat Papua, serta sirkulasi siklonik di perairan barat Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di Bengkulu bagian selatan hingga Jambi bagian utara, di Kalimantan Timur hingga perairan utara Kalimantan bagian utara dan di Laut Banda bagian barat hingga Laut Maluku bagian selatan.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi itu.

BMKG juga meminta masyarakat waspada terhadap potensi angin kencang di wilayah Gorontalo, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Untuk Provinsi Aceh, BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi kenaikan suhu udara yang dapat menyebabkan kekeringan. [wll]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan