Dilarang Pawai Takbir Keliling di Jakpus

IN
Oleh inilahcom
Senin 19 Juli 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Menjelang penyambutan datangnya Hari Raya Idul Adha, masyarakat dilarang menggelar takbir keliling di Jakarta Pusat.

Kemudian masyarakat juga diminta melakukan Sholat Idul Adha dirumah, begitu juga dengan pemotongan Qurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).


Sebanyak 500 personel Polres Jakarta Pusat bakal diterjunkan guna melakukan pemantauan mencegah warga tak berkerumun dan melakukan pawai.


"Terkait sholat id tidak ada pelarangan, tetapi imbauan agar sholat id di rumah," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi di Lapangan Silang Monas, Senin (19/7/2021).

Dia menekankan, seluruh jajaran tiga pilar sudah melakukan sosialisasi sesuai imbauan Gubernur DKI Jakarta agar pengelola masjid tidak menyelenggarakan shalat Idul Adha saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.


" Hal ini guna mencegah terjadinya penularan COVID-19, dan masa penerapan PPKM darurat. Saya minta warga Jakarta dapat melakukan shalat dilakukan di rumah saja," pungkasnya.


Sementara itu, Polda Metro Jaya menerjunkan ribuan personel dalam rangka pengamanan malam takbir dan perayaan Idul Adha yang jatuh pada Selasa (20/7/2021) besok.


Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan dalam patroli pengamanan ini para personel juga akan membagikan paket bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Slain berpatroli, ribuan personel gabumgan juga akan turun langsung dan membantu pembagian daging kurban saat Idul Adha nanti.Hal ini guna meminimalisir kerumunan masyarakat yang antri mengambil daging.


Imbauan itu juga sudah tertuang dalam Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 11 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah pada Masa Pemberlakuan PPKM Darurat Covid-19.

Seruan berpedoman pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 36 Tahun 2020 tentang Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban saat Wabah COVID-19.

Kemudian, Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah COVID-19.


Dalam seruan tersebut, meminta agar takbir keliling ditiadakan.Takbir dapat dilakukan di rumah masing-masing, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Adapun pelaksanaan pemotongan hewan kurban disesuaikan dengan ketentuan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021.


Juga, Instruksi Gubernur Nomor 43 Tahun 2021 tentang pengendalian, penampungan, penjualan, dan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1442 H/2021 di masa pandemi COVID-19.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA