Kementan Kenalkan Jurus Tanam ke Petani Kubu Raya

IN
Oleh inilahcom
Jumat 23 Juli 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak para petani di Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, untuk mengenal cara pemeliharaan tanaman dengan cara sanitasi.

Dengan hal ini, para petani diharapkan bisa mendapatkan tanaman yang berkualitas. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, menegaskan pemeliharaan tanaman adalah hal yang sangat penting. "Agar tanaman bisa memberikan hasil yang maksimal, petani harus melakukan pemeiharaan dengan benar. Petani harus mengerti apa yang dibutuhkan tanaman. Lewat kegiatan ini, kita memperkenalkan semua hal itu. Khususnya melalui cara sanitasi," paparnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut. "Saat ini petani sudah tidak boleh lagi hanya mengetahui cara tanam, panen, dan jual. Petani harus mengetahui lebih dari itu. Termasuk mengetahui cara memelihara dan mengemas agar tanaman bisa memiliki nilai lebih," katanya.

Dedi menambahkan, tanaman yang memiliki nilai lebih, akan memberikan tambahan pendapatan untuk petani. "Jika itu terjadi, kita berharap kesejahteraan petani juga bisa ikut ditingkatkan," paparnya.

Pemeliharaan tanaman ini menjadi salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan Sekolah Lapang. Kegiatan ini dilaksanakan di DIR Dabong, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya. Tampil sebagai pemateri adalah Alek Sandro dan Ali Hasymi.

Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 20 orang, yaitu 16 laki-laki dan 4 perempuan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kelompok Tani Lembah Hijau, dengan koordinator Kirno, dan penyuluh Alek Sandro.[tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA