https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   27 July 2021 - 23:03 wib

Warung Makan Langgar PPKM, Siap-Siap Ditutup

INILAHCOM, Jakarta - Para pemilik usaha warung makan di Solo, Jawa Tengah sebaiknya mengikuti aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang sudah ditetapkan.

Karena pemerintah daerah akan memberikan sanksi tegas bagi pelaku usaha yang melanggar aturan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus.

Bahkan sanksi tegas yang dilayangkan bukan hanya sekadar teguran, melainkan penutupan usaha tersebut. "Langsung ditutup tidak ada peringatan satu, dua," tegas Kasatpol PP Solo, Arif Darmawan, Selasa (27/7/2021).

Adapun pemerintah telah menetapkan kebijakan aturan untuk pelaku usaha warung makan yakni tidak boleh berkerumum dan bagi pengunjung yang makan di tempat tak boleh lebih dari 20 menit.

Hal itu juga masuk dalam surat edaran Wali Kota Solo Nomor 067/2284 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Covid-19 disebutkan warung makan/ warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya serta restoran/ rumah makan dan kafe dengan lokasi tersendiri diizinkan makan di tempat dengan maksimal pengunjung 25 persen dari kapasitas.

Sementara itu di wilayah Depok, Jawa Barat, Satpol PP menemukan sejumlah warung makan yang masih melanggar aturan PPKM Level 4. Seperti halnya warung makan yang melebih kapasitas serta adanya kerumunan pengunjung.

Petugas Satpol PP memberikan sosialisai dan sanksi teguran supaya tidak diulangi lagi. "Ada sekitar puluhan pedagang yang kedapatan melebih jumlah pengunjung, kami hanya berikan peneguran," ujar Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Depok, Taufiqurrahman.

Namun jika dalam pengawasan berikutnya kembali ditemukan atas pelanggran yang sama, pihaknya mengancam akan memberikan sanksi tegas sesuai peraturan yang berlaku.

Salah seorang pemilik warung makan di kawasan Depok bernama Diah mengaku sejak pandemi Covid-19, usaha warung makannya mengalami penurunan pendapatan sampai 90 persen jika dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Ditambah lagi dengan adanya batasan aturan PPKM, tentunya para pengunjung akan berpikir dua kali jika ingin pergi ke warung makan.

"Pengennya cepat selesai PPKM nya," tandasnya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

PPKM Level 4, Sekolah Boleh Simulasi Tatap Muka

Meski masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, namun setiap
berita-headline

Viral

25 Daerah di Jawa-Bali Masih PPKM Level 4

Sebanyak 25 daerah di Jawa-Bali masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PP