https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   27 July 2021 - 22:49 wib

Anies Pamer Foto IGD RS 'Before and After'

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jakarta, Anies Baswedan memajang sejumlah foto kondisi sejumlah ruang IGD beberapa rumah sakit di Jakarta terbaru.

Foto-foto tersebut, disandingkan dengan kondisi satu bulan sebelumnya dimana suasana IGD tampak penuh sesak terkait penanganan Covid-19 di Wilayah Jakarta.

Anies memposting foto di RSUD Duren Sawit sebulan yang lalu dan kondisi terbaru saat ini sebagai perbandingan.

Dari foto tersebut, tampak sebelumnya situasi di IGD RSUD Duren Sawit penuh sesak oleh pasien Covid-19. Sedangkan dalam foto yang lain, tampak IGD RSUD Duren Sawit cukup lengang dan hanya ada beberapa pasien saja.

"Alhamdulillah, atas izin Allah dan sejak kita semua sama-sama mengurangi mobilitas, situasi pandemi di Jakarta terus mengalami penurunan dan Insya Allah bisa keluar dari masa genting, terlihat dari keterisian IGD berbagai rumah sakit di Jakarta," tulis Anies di Twitter pribadinya.

Dia menambahkan bahwa selama beberapa minggu terakhir, pihaknya aktif berkomunikasi, memantau, dan mengunjungi beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta."Kondisi rumah sakit kini semakin terkendali karena kapasitas tempat tidur isolasi Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga ICU tersedia," ujar Anies

Selain RSUD Duren Sawit, dia juga mengunjungi RSUD Budhi Asih dan RSKD Duren Sawit yang juga memiliki kondisi berbeda dari satu bulan sebelumnya."Saat itu, RS begitu penuh, bahkan selasar depan IGD pun dipenuhi oleh pasien yang antre masuk ke dalam IGD, kamar rawat inap, dan ICU. Kini, selasar IGD itu sudah kosong, pasien dapat langsung masuk ke IGD. Situasi ini serupa di begitu banyak RSUD di Jakarta," kata Anies Baswedan.

Dia menekankan bahwa aliran pasien baru yang datang ke fasilitas kesehatan di Jakarta sudah berkurang, dan tidak sebanyak beberapa minggu lalu. Anies berharap agar jumlah pasien yang sembuh semakin banyak dan yang masuk semakin sedikit, sehingga beban fasilitas kesehatan akan terus berkurang.

"Urutannya adalah antrean IGD, lalu kamar rawat inap, dan ICU. Antrean IGD sudah terurai, semoga berikutnya diikuti dengan pelonggaran di kamar rawat inap dan di ICU," ujarnya.

"Tren penurunan ini nyata terlihat, tapi situasi kita masih jauh dari ideal," ucapnya.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh pihak untuk terus mendorong dan melanjutkan momentum perbaikan situasi ini.

"Jangan sampai gelombang perbaikan yang mulai terasa ini lalu berhenti atau malah berbalik jadi naik kembali, karena kita lengah dan kendor," kata Anies.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan