https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 July 2021 - 16:53 wib

Polri Tangani Puluhan Kasus Penimbunan Obat Covid

INILAHCOM, Jakarta -  Saat ini ada 33 kasus,  terdiri dari penimbunan obat terapi COVID-19, tabung oksigen, serta menjual obat di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) dan tanpa izin edar.

Dari puluhan kasus yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia itu, sebanyak 37 orang ditetapkan sebagai tersangka. Kini ditangani jajaran Polri. Demikian disampaikan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Helmy Santika.

Bareskrim Polri menangani delapan kasus dengan 19 tersangka, Ditipideksus ada lima kasus dengan 10 tersangka dan Ditipid Narkoba ada tiga kasus dengan tiga tersangka.

"Kasusnya terkait dengan menjual obat di atas harga eceran tertinggi (HET), menahan atau menimbun atau menyimpan untuk tujuan tertentu, kemudian mengedarkan tanpa izin edar, lalu mengubah tabung alat pemadam api (APAR) menjadi tabung oksigen," kata Helmy, Rabu (28/7/2021).

Barang bukti yang disita,  365.876 tablet obat terapi COVID-19 dari berbagai macam jenis, 62 vial obat terapi COVID-19 dari berbagai jenis, dan 48 tabung oksigen.

Ada sebuah pabrik obat di Cianjur yang memproduksi obat antibiotik Azithromycin juga ikut ditindak oleh Polri. Saat pengungkapan  didapati 178 ribu butir Azithromycin dan 125 kg bahan untuk pembuatan obat. Di mana bahan itu kalau diproduksi menjadi Azithromycin menghasilkan 300 ribu butir.

Untuk kasus pabrik obat di Cianjur, Polri mengambil langkah penanganan dengan pendekatan keadilan restoratif (restorative justice), sedangkan 33 kasus lainnya diproses pidana di tiap-tiap divisi yang menangani.

 
37 tersangka dalam kasus-kasus ini  dijerat Pasal 196 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman 10 tahun penjara, Pasal 62 juchto Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dengan ancaman maksimal lima tahun penjara. [tar]


 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Promosi Jabatan, Kapolri Diharap Obyektif

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diharap obyektif dalam melakukan promosi jabatan Polri yang
berita-headline

Viral

Kick Off Liga 1 Digelar 27 Agustus, Bali United vs Persik Kediri Jadi Laga Pembuka

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menerbitkan izin pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 2021/2
berita-headline

Viral

Kapolri Minta Waspadai Fenomena Revenge Travel

Telah dibukanya sejumlah tempat wisata disambut dengan sukacita oleh sebagian besar masyarakat. P
berita-headline

Viral

Kasus Pelarian Adelin Lis Masih Belum Selesai, Polri Diminta Turun Tangan

Seorang pejabat di kementerian diduga sebagai orang yang menandatangani pergantian nama paspor de
berita-headline

Viral

Jokowi Tegur Kapolri Gegara Mural Viral

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku keberatan dengan tindakan aparat yang berlebihan menghadapi