https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 July 2021 - 22:50 wib

Juliari Dituntut Bayar Uang Pengganti Rp 14 Miliar

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Selain tuntutan penjara 11 tahun, eks Menteri Sosial Juliari Batubara juga dituntut membayar uang pengganti dalam kasus korupsi bansos Covid-19 hingga Rp 14 miliar.

"Jumlah besarnya uang pengganti yang dibebankan kepada terdakwa adalah sebesar Rp14.597.450," ujar Jaksa KPK, Ihsan Fernandi, saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Apabila tak mampu membayar, harta bendanya akan disita. Jika nilai barang sitaan belum mencukupi, maka diganti dengan hukuman penjara 2 tahun.

Selain uang pengganti, jaksa juga menuntut majelis hakim mencabut hak politik Juliari selama 4 tahun setelah selesai menjalani kurungan badan.

Kewajiban membayar uang pengganti dan pencabutan hak politik merupakan tuntutan hukuman tambahan yang diminta jaksa KPK dijatuhkan kepada Juliari Batubara.

Sementara untuk pidana pokok, jaksa KPK menuntut politisi PDI Perjuangan itu dengan hukuman 11 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Jaksa KPK meyakini Juliari terbukti menerima total Rp32,2 miliar dari korupsi bansos Covid-19. Suap diterima bersama dengan dua pejabat pembuat komitmen Kementerian Sosial, yaitu Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono.

Sedangkan jumlah Rp14,5 miliar adalah uang yang diyakini diterima Juliari untuk kepentingan pribadinya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan