https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   29 July 2021 - 01:07 wib

Isoman Di Hotel Berbintang, Ini Penjelasan DPR

INILAH.COM, Jakarta - Isolasi mandiri (isoman) di hotel berbintang yang disediakan untuk anggota DPR masih menjadi perbincangan publik.

Karena hal itu dinilai tidak tepat memberikan fasilitas mewah untuk anggota dewan sementara rakyat kecil masih banyak yang sulit mendapat tempat untuk isoman.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, sejatinya DPR menyediakan tempat untuk anggotanya yang terpapar Covid-19 di Wisma Kopo di DPR. Sedangkan hotel yang disiapkan adalah cadangan jika Wisma Kopo sudah penuh.

Dirinya juga menjelaskan fasilitas hotel yang disiapkan itu bukan hanya untuk anggota DPR, tetapi juga bisa digunakan oleh staf, tenaga ahli dan ASN yang terpapar Covid-19.

"Ini upaya kami menekan laju Covid dan jaga-jaga dampak Covid di lingkungan DPR sesuai aturan yang ada," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menambahkan, penyediaan hotel berbintang merupakan bentuk kerjasama antara DPR dengan hotel yang dimaksud yakni Hotel Ibis Grogol, Jakarta Barat dan Hotel Oasis, Atrium Senen, Jakarta Pusat.

Menurut dia, ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan rumah dinas DPR di Kalibata, Jakarta Selatan. Karena sebelumnya salah seorang warga merasa tidak nyaman lantaran ada yang isoman di kompleks rumah dinas.

"Ada berapa belas rumah yang minggu lalu posisinya positif. Mereka punya anak-anak kecil, (jadi) takut main-main, karena itu kan bisa ke mana-mana udaranya. Ya kami prepare mengatasi ini, karena ini kan sangat serius," katanya.

Biaya Fasilitas Hotel
Mengenai biaya yang disiapkan untuk masa isoman di hotel berbintang, Indra menerangkan anggaran itu diambil dari beberapa program yang tidak terpakai. Seperti halnya kunjungan ke luar negeri atau kegiatan seminar.

"Jadi kami menggeser-geser dari dana-dana itu. Sifatnya kontingensi, enggak dianggarkan secara utuh tapi kalau dibutuhkan kami revisi," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, nominal harga untuk paket tujuh malam di Hotel Oasis sebesar Rp4.500.000. Sedangkan untuk paket keluarga sebesar Rp6 juta. Ini tertera dari form pendaftaran hotel tersebut.

Namun fasilitas hotel yang disediakan DPR tidak ditujukan kepada anggota keluarga. Jika ada anggota DPR yang membawa keluarganya untuk isoman di hotel yang dirujuk DPR, maka dipastikan itu menggunakan biaya sendiri.

Sebelumnya, fasilitas hotel berbintang untuk DPR yang terpapar Covid-19 tertera dalam surat bernomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 yang diteken oleh Sekretaris Jenderal Indra Iskandar.

"Bersama ini kami sampaikan dengan hormat, bahwa Sekretariat Jenderal DPR RI bekerja sama dengan beberapa hotel, menyediakan fasilitas karantina/isolasi mandiri bagi anggota DPR RI yang terkonfirmasi positif Covid-19 baik yang tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan dengan isolasi mandiri di hotel," sebut Indra.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Update Kasus Covid-19 Jateng Terbanyak, Maluku Utara Terendah

Perkembangan data pada Selasa (7/9/2021), ada 
berita-headline

Inersia

Penting Mana? Pakai Masker Atau Berkoar-Koar

Seperti yang kita ketahui pada saat ini, berbagai wilayah di Indon
berita-headline

Empati

Pasien Covid Tak Harus Meninggal, Cukup Terapi Multivitamin

Dokter Estetika Amira Farahnaz, sudah 18 bulan berkutat dalam menangani pasien Covid-19. Tingkat
berita-headline

Viral

Kemenkes Lakukan Audit Vaksinasi COVID-19 Untuk Cegah Penyimpangan

Kementerian Kesehatan menggandeng BPKP dan berbagai pihak untuk melakukan audit secara berkala un
berita-headline

Inersia

Pentingnya Perhatikan Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Kesehatan mental menjadi salah satu isu yang marak dibicarakan terutama di masa pandemi saat ini.