https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   03 August 2021 - 17:20 wib

Inilah Biaya Pembuatan SIM C, CI, CII

Mulai Agustus 2021 ini Polri membagi tiga kategori Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang wajib dimiliki pengendara sepeda motor. Sejumlah warga mempertanyakan mengenai biaya yang ditetapkan untuk pembuatan SIM C tersebut.

SIM C itu dibagi dalam tiga kategori yakni SIM C, CI dan CII yang dibedakan oleh kapasitas silinder sepeda motor yang dikendarai. Adapun biaya pembuatan tiga jenis SIM itu sama, tidak ada yang berbeda, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dari informasi yang dihimpun, biaya pembuatan SIM C, baik CI dan CII adalah sebesar Rp100 ribu. Sedangkan biaya perpanjangannya yakni sebesar Rp75 ribu, Baik SIM C, CI, maupun CII.

"Sosialisasi sudah dilakukan, aplikasi sudah siap, sarana prasana sebagian sudah dikirim ke polres-polres," ujar AKBP Arief Budiman, Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri.

Adapun perbedaan SIM C, CI dan CII berdasarkan kapasitas silinder:
- SIM C berlaku untuk sepeda motor berkapasitas silinder sampai 250 cc
- SIM CI berlaku untuk sepeda motor berkapasitas silinder 250-500 cc dan sudah memiliki SIM C minimal 12 bulan
- SIM CII berlaku untuk sepeda motor berkapasitas silinder di atas 500 cc dan sudah memiliki SIM CI minimal 12 bulan.

Setiap pemohon pembuatan SIM tersebut harus berusia 18 tahun bagi pemilik SIM C dan CI dan pemohon SIM CI Iharus berusia 19 tahun.

Tag :
SIMC
Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan