https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   05 August 2021 - 19:00 wib

Lansia Penembak Alphard Divonis 10 Tahun Penjara

Pria lanjut usia (lansia) bernama Lukas Jayadi, divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surakarta. Warga Jebres Solo, Jawa Tengah itu terbukti bersalah dalam kasus penembakan mobil Toyota Alphard.

Majelis Hakim diketuai Sunggul Simanjuntak di dampingi dua hakim anggota, Heri Soemanto dan Hasanur Rachmansyah memvonis terdakwa lebih ringan dua tahun dibanding tuntutan jaksa penuntun umum (JPU) 12 tahun penjara.


JPU Endang Sapto Pawuri mengatakan terdakwa Lukas Jayadi terbukti melanggar Pasal 340 KUHP juncto Pasal 53 Ayat (1) KUHP tentang tindak pidana percobaan pembunuhan secara berencana.

"Selain vonis penjara selama 10 tahun, ada pidana tambahan berupa pencabutan hak tertentu, yaitu hak kepemilikan senjata api yang bersangkutan," kata Endang.

JPU mengatakan hal-hal yang menjadi pertimbangan majelis hakim memberatkan terdakwa karena yang bersangkutan tidak mengakui perbuatannya dan tidak merasa bersalah.

Kasus ini berawal dari Lukas Jayadi berusaha menghentikan mobil seorang berinisial Ind (72) di Jalan Wolter Monginsidi Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, pada tanggal 2 Desember 2020 lalu.  

Lukas menembaki mobil itu sebanyak delapan kali. Samping kanan sebanyak empat tembakan, samping kiri dua, kaca depan satu, dan belakang satu tembakan.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan