Duh, Situs Kencan Curi 250 Ribu Data Facebook

EZ
Oleh Ellyzar Zachra P.B
Senin 07 Februari 2011
share
foto: istimewa

INILAH.COM, Jakarta - Bagaimana bisa situs kencan memiliki 250 ribu profil pengguna di hari pertama mereka? Situs itu ternyata mencuri data pengguna Facebook.

Inilah pendekatan yang diambil dua pendiri situs Lovely-Faces.com, pekan ini. Situs itu mempublikasikan profil pengguna berisi nama, lokasi dan foto yang bisa diambil dengan mudah di Facebook.

Paolo Cirio, pengamat media, dan Alessondro Ludovico sebagai editor di majalah Neural menjelaskan mengapa mereka menciptakan situs kencan yang mengambil identitas pengguna Facebook.

"Facebook merupakan tempat yang menakjubkan bagi pencuri identitas ataupun situs kencan karena tidak memiliki kontrol pengguna. Inilah sifat alami Facebook dan jejaring sosial. Kita bisa melihat betapa rapuh identitas virtual dimanfaatkan platform seperti ini."

Situs tersebut mengkategorikan pengguna dalam berbagai tipe kepribadian menggunakan alogritme pemindai wajah. Jadi, siapapun yang ingin mencari jodoh di situs tersebut bisa menggunakan kata seperti santai, mudah didekati, sombong ataupun licik.

Kenyataan itu tentu saja menimbulkan kemarahan pihak Facebook. "Mencuri informasi pengguna telah melanggar aturan kami. Kami akan segera mengambil tindakan hukum terhadap organisasi yang melakukan pelanggaran. Kami sedang menyelidiki situs ini," ujar Direktur Komunikasi Kebijakan Facebook Barry Schnitt.

Di sisi lain, Cirio dan Ludovic mengatakan akan menghapus profil pengguna jika ada pihak yang mengeluhkan hal itu secara pribadi. Apalagi, situs kencan tersebut tidak menarik keuntungan, hanya sekadar menciptakan lelucon sekaligus menunjukkan kepada masyarakat betapa mudahnya informasi bocor di dunia maya. [vin]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA