Bidik Anak Muda, Produsen Bikin Mobil Gaul

BA
Oleh Billy A. Banggawan
Kamis 02 Juni 2011
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan compact cross over Nissan Juke di Indonesia. Mobil ini membidik kalangan anak muda.

"Nissan Juke akan menjadi tulang punggung penjualan NMI untuk mendukung target penjualan 2011," ujar COO Nissan Motor Co., Ltd Toshiyuki Shiga di Ballroom XII Djakarta Theater, Jakarta (1/6).

Nissan mengklaim, Juke merupakan jenis baru perpaduan Sport Utility Vehicle (SUV) dan mobil sport.

Mobil ini memiliki dua varian, yakni CVT dan CVT RX. Perbedaan terletak pada fitur kemewahan, termasuk lampu depan xenon dengan levelizer, sensor parkir, start/stop engine, dan keyless entry.

Mobil berkesan maskulin, kokoh dan sporty ini memiliki pilar depan yang dibuat lebih landai untuk memudahkan pandangan pengemudi. Teknologi baru mobil ini antara lain, Integrated Control System (I-CON) yang berfungsi sebagai pusat perintah utama serta penyedia informasi.

Mesin mobil ini menggunakan HR15DE, serupa Nissan Livina, namun dengan penyempurnaan. Mesin 1.498 cc DOHC 4 cylinder inline ini ditambah dual injection system yang membuat pembakaran lebih efisien. Mesin ini menghasilkan tenaga 114 ps pada 6000 rpm dan torsi mencapai 150 Nm pada 4000 rpm.

Untuk transmisi, Nissan memasang generasi baru X-tronic CVT yang lebih kompak dan ringan. Untuk pilihah mengemudi terdapat mode Normal, Sport, dan Eco. NMI menargetkan seribu Nissan Juke terjual tiap bualnnya.

"Saya yakin model ini akan booming di Indonesia," ujar Shiga.

Untuk tipe 1.5L CVT, mobil ini dihargai Rp238,8 juta. Sedangkan tipe 1.5L CVT RX, mobil ini dihargai Rp248,8 juta. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA