Solusi Kurangi Peredaran Gadget BM

BA
Oleh Billy A. Banggawan
Senin 04 Juli 2011
share
 

INILAH.COM, Jakarta Berbagai gadget black market (BM) terkadang memang sangat menggoda bagi calon pembeli. Untuk itu, para ahli memberi solusi untuk mengurangi peredarannya.

Pengamat teknologi informasi (TI) Abimanyu Wachjoewidajat mengungkap, pada enam bulan lalu, gadget asli seperti BlackBerry yang beredar di Indonesia mencapai 1,7 juta unit.

"Sedangkan gadget BM mencapai 1,2 juta unit," ujarnya saat dihubungi INILAH.COM via telepon (4/7).

Menurut pria yang akrab disapa Abah ini, pera calon pembeli mau membeli barang-barang BM karena selain memiliki harga miring, faktor gengsi juga menjadi penyebabnya. "Satu-satunya cara mendapat gadget terbaru dengan harga murah bisa melalui BM," ujarnya.

Menurutnya, untuk mengurangi peredaran barang-barang BM, pihak Bea Cukai harus lebih rajin melakukan sweeping. Selain itu, pihak distributor bisa mengadakan sayembara berhadiah menarik untuk menarik calon pembeli.

Menurut pengamat TI Budi Raharjo, untuk mendorong pembeli untuk membeli barang asli, dukungan untuk service atau sejenisnya harus lebih ditingkatkan. Selain itu, penentuan harga juga harus lebih cermat.

"Hal terpenting, barang itu harus mudah diperoleh," tutupnya. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA