Yang Terlihat Oleh Mata Bayi

NP
Oleh Nilam P.
Sabtu 16 Juli 2011
share
webmd.com

INILAH.COM, Jakarta - Pengelihatan bayi ternyata tidak bisa menangkap gambar atau visual yang berganti-ganti dengan cepat.

Peneliti UC Davis Center for Mind and Brain mengatakan mata bayi memang mampu menangkap gerakan benda, tapi tidak bisa mengidentifikasi objek dari gambar-gambar yang berganti-ganti secara cepat. Pengelihatannya tidak secepat orang dewasa.

"Kemampuan visual mereka berbeda dengan orang dewasa," ujar peneliti Faraz Farzin, seperti dikutip dari Eurekalert.

Peneliti mengamati gerakan mata bayi berusia 6-15 bulan saat melihat gambar yang berkedip-kedip. Hasil studinya yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menyebutkan kemampuan mata mereka terbatas, tapi terus berkembang.

Farzin magatakan, bahkan orang dewasa pun punya kemampuan persepsi terbatas dalam melihat gambar. Mata dan otak orang dewasa dapat menangkap gambar visual yang berganti-ganti lebih cepat dari 5070 millisekon. Tapi pada bayi, kemampuan itu 10 kali lebih lambat.

Menurut Farzin, acara TV yang gambarnya berganti lebih dari dua frame per detik mungkin tidak bisa dilihat sama sekali oleh mata bayi usia di bawah 15 bulan. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA