Penerbangan Komersil Pertama Gunakan Biofuel

NP
Oleh Nilam P.
Sabtu 16 Juli 2011
share
latimes.com

INILAH.COM, Jakarta - Lufthansa perusahaan penerbangan pertama menggunakan bahan bakar alami. Jadwalkan penerbangan Hamburg-Frankfurt.

Airbus A321 Lufthansa, adalah pesawat komersil pertama yang melakukan penerbangan menggunakan bahan bakar alami atau biofuel. Seperti dikutip dari Telegraph, penerbangan ini memakan waktu satu jam 10 menit dari Hamburg ke Frankfurt. Bahan bakarnya yakni kerosin biosintetik, yaitu campuran biofuel 50%.

Perusahaan penerbangan asal Jerman ini melakukan percobaan selama enam bulan, dan melayani 1.200 jadwal penerbangan. Lufthansa mengatakan, program ini mengurangi emisi karbon hingga 1.500 ton.

"Lufthansa adalah perusahaan penerbangan pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar alami dan menjadwalkan operasional penerbangannya. Kami akan terus mengimplementasikan program ini secara berkelanjutan," ujar Christoph Franz, pimpinan eksekutif Lufthansa.

Namun kebijakan Lufthansa ini dikritik Robbie Blake, dari Friends of the Earth Eropa, dengan mengatakan bahan bakar alami sebenarnya meningkatkan kemiskinan, kelaparan, penebangan hutan, pembajakan lahan, dan membuat perubahan iklim semakin parah. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA