Rahasia di Balik Penampakan UFO Suffolk

BA
Oleh Billy A. Banggawan
Selasa 09 Agustus 2011
share
dailymail.co.uk

INILAH.COM, London Selama 30 tahun, senior komandan militer Amerika Serikat (AS) menyelidiki penampakan UFO di Suffolk, Inggris. Kini, ia mendapat kesempatan menguak insiden tersebut.

Insiden yang terjadi pada 1980 ini dijuluki sebagai Roswell Inggris dan menjadi topik hangat di Inggris setelah ada sekelompok orang pergi ke hutan Rendlesham untuk menyelidiki beberapa cahaya misterius. Mereka yakin cahaya itu berasal dari pesawat alien.

Kini, salah satu orang dari kelompok itu akan membeberkan masalah itu dan mengakui semua cerita tersebut adalah hoax atau berita palsu. Kolonel Angkatan Udara (AU) AS Ted Conrad saat itu ditugaskan di Woodbridge dan Bentwaters, dekat Ipswich.

Saat itu, markas itu diyakini menyimpan senjata nuklir. Setelah melihat cahaya aneh di langit selama dua malam berturut-turut, Conrad melakukan penyelidikan dan menemukan tanda-tanda aneh pada pohon yang diyakini bekas pendaratan pesawat alien.

Dibekali kacamata visi malam dan kamera, kelompok ini menyisir area itu dan tak melihat hal janggal. Meski begitu, wakil Conrad, Letnan Kolonel Halt tetap tinggal dan terus melaporkan keadaan melalui radio. Letkol Halt kemudian melaporkan melihat lebih banyak cahaya di daratan dan langit.

Kemudian, ia melaporkan kejadian itu pada Kementerian Pertahanan dan menjelaskan, ia yakin cahaya itu berasal dari luar angkasa dan menuduh AS serta Inggris menutup-nutupi insiden tersebut.

Sejak itu, Conrad terus diam mengenai insiden itu hingga kini.

Kolonel ini mengaku, banyak orang mencoba memastikan cerita Halt dan tak seorang pun menemukan benda bukti untuk mendukung cerita tersebut. "Insiden itu bisa jadi hanya hoax," ujarnya.

Meski begitu, penasehat UFO di National Archives Dr David Clarke yakin, Halt bisa jadi menyaksikan ilusi optik dan mengatakan, "Saya rasa tak ada yang meragukan Halt melihat sesuatu. Pengalaman tak biasa ini akan terus melekat."

Di sisi lain, mantan polisi keamanan AS dekat RAF Woodbridge Kevin Conde mengatakan seperti ditulis Dailymail, penampakan itu sesuai hoax yang ia mainkan pada temannya di waktu sama di Rendlesham Forest. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA