Rahasia Mengejutkan Moyang Awal Manusia

BA
Oleh Billy A. Banggawan
Senin 29 Agustus 2011
share
dailymail.co.uk

INILAH.COM, London Moyang manusia selalu digambarkan sebagai makhluk gua yang memiliki sedikit kepandaian dan horizon terbatas. Namun hasil riset terbaru mengungkap fakta mengejutkan.

Hasil riset terbaru menyatakan, moyang manusia ternyata lebih pandai dari perkiraan. Kini arkeolog yakin manusia menyeberangi Laut Mediterania dari utara Afrika pada 130.000 tahun silam.

Hal ini diketahui dari sejumlah alat kuno yang ditemukan di Pulau Crete yang secara akurat berhasil diketahui usianya. Teori tradisional menyatakan, kelompok bertani awal di selatan Eropa dan Timur Tengah mulai menavigasi kapal ke pulau di Mediterania saat itu.

"Kita tahu alat-alat ini berada puluhan meter di atas teras dan diketahui usianya 50.000 tahun. Jadi usia moyang manusia setidaknya juga setua itu," ujar geolog Karl Wegmann dari North Carolina State University.

Selain itu, diketahui, Homo Erectus yang tinggal di pulau itu telah berlayar di Mediterania untuk sampai ke pulaunya.

"Hal yang membuat ini unik dan menarik adalah spesies ini nampaknya tak sepenuhnya bodoh seperti dugaan. Mereka mampu melakukan hal rumit," tutupnya seperti dikutip Dailymail. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA