Yoga Mampu Sembuhkan Sakit Punggung Kronis

AT
Oleh Ahmad Taufiqqurakhman
Selasa 01 November 2011
share
straitstimes.com

INILAH.COM, Washington - Selama ini kalangan pekerja selalu mengeluhkan nyeri punggung ketika bekerja di kantor. Sebuah studi mengungkap bahwa Yoga ternyata merupakan obat paling efektif untuk menjawabnya.
Seperti yang dikutip dari ST, sebuah studi mengungkap bahwa orang yang mengikuti kelas Yoga untuk menyembuhkan sakit punggung kronis ternyata dapat merasakan efek pola hidup yang lebih baik, juga kesehatan yang lebih baik, dari pada yang mengikuti 'standar' anjuran dokter.
Sebuah penelitian dilakukan oleh jurnal Annuals of Internal Medicine, yang dipimpin oleh para ilmuwan di Universitas of York, untuk meneliti apakah Yoga benar dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Selain itu, penelitian tersebut juga melibatkan sekira 300 responden.
Para ilmuwan melakukan penelitian dengan cara mengambil sampel dari kelompok yang sebelumnya sudah bertemu dokter untuk menyembuhkan sakit mereka. Setelah itu, para ilmuwan menempatkan 156 orang responden untuk mengikuti kelas Yoga dan meninggalkan sisanya (157 orang) untuk melakukan pengobatan normal.
"Setelah tiga bulan, kelompok yang mengikuti kelas Yoga dilaporkan mampu melakukan aktivitas 30 persen lebih banyak, dibandingkan mereka yang melakukan cara pengobatan normal," ungkap studi tersebut.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA