Sel Zombie Jadi Biang Penuaan Manusia

BA
Oleh Billy A. Banggawan
Senin 05 Desember 2011
share
Photo: Getty Images

INILAH.COM, Rochester Peneliti Amerika Serikat (AS) menemukan biang keladi yang membuat manusia menua. Menurut mereka, penjahat ini bisa digunakan memperlambat penuaan manusia. Bagaimana?

Sel-sel dalam tubuh tak selamanya membelah diri dan bisa mencapai kondisi yang disebut menjadi tua. Menurut ilmuwan Mayo Clinic, kondisi ini merupakan kondisi di mana sel tak lagi membelah melainkan melepaskan zat yang merusak sel.

Sistem kekebalan ini biasanya membuang sel zombie dan penuaan secara perlahan kehilangan kemampuannya. "Menyerang sel dan apa yang dihasilkannya, suatu saat akan menghancurkan tautan antara mekanisme penuaan dan predisposisi pada penyakit seperti penyakit jantung, stroke, kanker dan dementia," ungkap penulis studi Dr James Kirkland.

Peneliti mengatakan, menghilangkan sel ini bisa menunda permulaan katarak, hilangnya jaringan otot dan masalah penuaan lainnya. "Intervensi therapeutic bisa menghilangkan sel ini atau menghalangi efek yang ada untuk membuat manusia lebih sehat dan mandiri lebih lama," papar penulis lain, Dr Jan Van Deursen.

Hasil riset ini menyatakan, ada kemungkinan besar dibuat obat untuk membunuh sel ini seperti dikutip UPI. [vin]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA