Penggunaan Internet Berlebih Mampu Rusak Otak

AT
Oleh Ahmad Taufiqqurakhman
Sabtu 14 Januari 2012
share
mashable.com

INILAH.COM, California - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, ternyata penggunaan internet yang berlebih mampu rusak otak.

Seperti yang dikutip dari Mashable, penelitian terbaru yang dilakukan di China, menunjukkan bahwa terlalu banyak penggunaan internet mampu menyebabkan kerusakan struktural pada otak.

Para peneliti mempelajari 17 orang remaja dengan gejala Internet Addiction Disorder (IAD) dan menemukan kerusakan struktural dan fungsi pada bagian otak yang berfungsi untuk mengorganisir tindakan. Sebuah dampak yang hampir sama ketika seseorang sedang mendapat kecanduan alkohol.

Para peneliti mengunakan alat scan MRI dan menggunakan metode yang disebut sebagai fractional anisotropy (FA), yang mengukur organisasi dalam otak. Para responden yang didiagnosa menderita IAD menunjukkan tingkat FA yang lebih rendah, ketimbang remaja umumnya.

"Secara keseluruhan, penelitian kami ini mengindikasikan bahwa kecanduan internet sebabkan ketidaknormalan pada otak, yang mampu sebabkan kejanggalan pada aktivitas otak," tulis penelitian tersebut. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA