Predator Ini Menguasai Bumi Sebelum Dinosaurus

BA
Oleh Billy A. Banggawan
Kamis 19 Januari 2012
share
Dailymail.co.uk

INILAH.COM, London Reptil bertaring menakutkan ini hidup di Bumi 265 juta tahun silam, jauh sebelum dinosaurus pertama muncul. Para ilmuwan berhasil menemukan hewan buas ini di selatan Brasil.

Tengkorak predator ini berhasil ditemukan di ladang Rio Grande do Sul di selatan Brasil saat para ilmuwan meneliti menggunakan Google Maps.

Predator seukuran anjing yang hidup 40 juta tahun sebelum dinosaurus ini termasuk dalam keluarga reptile dan tak memiliki keturunan.

Pampaphoneus Biccai ini merupakan hewan berdarah dingin yang menggunakan rahang kuatnya untuk mencabik-cabik mangsanya yang masih hidup.

Awalnya hewan buas ini diduga hanya tinggal di Russia, Kazakhstan, China dan Afrika Selatan namun temuan ini berkata lain seperti dikutip DM.

"Fosil anggota karnivora Anteosaurus ini membuktikan, tempat tinggal hewan ini jauh lebih luas," kata paleontology Dr Juan Carlos Cisneros dari Federal University of Piaui di Brasil.

Ahli yakin, ada batas koneksi bebas yang membuat hewan buas ini bisa bermigrasi dari Laurasia dan Gondwana ke ujung selatan benua. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA