Pemanasan Global Bisa Bikin Manusia Jadi Pendek

BA
Oleh Billy A. Banggawan
Kamis 15 Maret 2012
share
Dailymail.co.uk

INILAH.COM, London Para ilmuwan mengatakan, pemanasan global berpotensi memperpendek manusia dari sebelumnya. Hal ini diketahui setelah ditemukan bukti fosil yang memperkuatnya.

Para palaeontolog sedang mempelajari fosil kuda yang diketahui memiliki tautan langsung antara ukuran mamalia dengan suhu planet . Semakin suhu lebih hangat membuat hewan-hewan menjadi lebih kecil. Demikian seperti dikutip DM.

Para peneliti dari universitas di Florida dan Nebraska menggunakan fosil ini untuk mengikuti evolusi kuda dari awal pertama muncul pada 56 juta tahun silam.

"Seiring meningkatnya suhu Bumi, ukuran kuda ini juga mengalami penyusutan dan sebaliknya," papar Dr Jonathan Bloch yang merupakan kurator Florida Museum of Natural History.

Ada suatu masa kuda ini memiliki ukuran sebesar kucing, katanya. "Pada awalnya, kuda memang memiliki ukuran kecil, seukuran anjing kecil. Hal yang mengejutkan setelah kemunculan mereka, ukuran mereka terus mengecil merespon pemanasan global," katanya.

Senada, Philip Gingerich dari University of Michigan mengatakan, hasil studi ini dengan jelas menunjukkan adanya hubungan antara suhu dengan ukuran tubuh. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA