Inggris Siap Uji Coba Pesawat Tanpa Pilot

NI
Oleh Nur Ikhsan Suryakusumah
Sabtu 23 Juni 2012
share
news.sky.com

INILAH.COM, London Inggris akan melakukan uji coba penerbangan pesawat tanpa pilot. Hal tersebut rencananya akan dilakukan pada akhir tahun ini.

DiwartakanSky News, uji coba ini akan menggunakan pesawat BAE System Jetstream. Meskipun tidak menggunakan pilot, namun tetap akan ada orang di dalamnya yang akan mengontrolnya selama proses uji coba.

Tes ini bertujuan menunjukkan kepada Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) dan pengontrol lalu lintas udara bahwa pesawat yang dikenal sebagaiunmanned aerial vehiclesakan dapat digunakan secara aman di wilayah udara Inggris.

Uji coba ini merupakan bagian dari proyek penelitian jangka panjang yang disebut Autonomous Systems Technology Related Airborne Evaluation Assessment (ASTRAEA). Direktur Teknik BAE Systems, Lambert Dopping-Hepenstal mengatakan bahwa ada potensi pasar yang besar untuk pesawat otomatis ini.

"Pesawat ini juga lebih baik dalam menangani beberapa masalah yang tak bisa diselesaikan secara manual dengan menggunakan pilot manusia. Contohnya dengan awan abu vulkanik ketika kita tidak punya cara untuk benar-benar mengetahui apa yang terjadi," ujar Dopping-Hepenstal.

Menurutnya, proyek ini melibatkan tujuh perusahaan besar Inggris dan lebih dari 70 perusahaan skala kecil serta beberapa universitas. Ia juga mengatakan bahwa regulator seperti CAA dan pengendali lalu lintas udara (traffic air control) juga berperan besar dalam proyek ini.

Jika uji coba berjalan lancar, Dopping-Hepenstal memperkirakan beberapa unit pesawat ini bisa digunakan dalam waktu tiga atau empat tahun ke depan.

Namun seandainya proyek ini berhasil, bisakah Anda bayangkan terbang dengan pesawat tanpa pilot? [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA