Astra Daihatsu Ayla Eco Driving Challenge

Konsumsi BBM Daihatsu Ayla Tembus 27,9 Km/Liter

IS
Oleh Ikhsan S. Nathabradja
Rabu 07 November 2012
share
inilah.com/Ikhsan S. Nathabradja

INILAH.COM, Karawang - Setelah dipamerkan di ajang IIMS 2012, Astra Daihatsu Ayla kembali menampakan diri di Sirkuit Bridgestone Paving Ground, Karawang, Jawa Barat

Di arena balap milik pabrikan ban Bridgestone ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar acara edukasi dan kompetisi eco-driving atau mengemudikan mobil dengan baik untuk menghemat konsumsi BBM dengan citycar terbaru yang diklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan, Astra Daihatsu Ayla.

Dalam acara bertajuk Astra Daihatsu Ayla Eco Driving Challenge tersebut, sekitar 60 jurnalis dari berbagai media massa nasional diundang untuk mengujicoba tingkat konsumsi BBM sekaligus berkompetisi adu irit dengan menggunakan mobil mungil ini.

"Acara ini bertujuan mengedukasi sekaligus sosialisasi ke masyarakat luas bagaimana cara pengendara mampu mencapai tingkat efisiensi terbaik dalam penggunaan BBM," ujar Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM di sela-sela pelaksanaan Astra Daihatsu Ayla Eco Driving Challenge di Sirkuit Bridgestone Paving Ground, Karawang, Jawa Barat, Selasa (6/11).

Kompetisi eco-driving ini diawali dengan pengujian oleh dua orang dari divisi perencanaan produk Daihatsu Motor Jepang, Shingo Kubo dan Kiyotaka Yagi.

Kubo, yang menggunakan Astra Daihatsu Ayla bertransmisi manual, berhasil mencatatkan pencapaian pengunaan konsumsi BBM sebesar 27,9 km/liter. Sedangkan Yagi dengan Astra Daihatsu bertransmisi otomatis sukses mencapai konsumsi BBM 21,8 km/liter.

Meski tidak satu pun jurnalis peserta Astra Daihatsu Ayla Eco Driving Challenge yang mampu melewati rekor yang dicapai oleh Kubo dan Yagi, namun tak sedikit juga yang mampu mendekati rekor tersebut.

Keluar sebagai pemenang dalam kompetisi ini adalah M Toha dari Gatra Cars untuk kategori Astra Daihatsu Ayla bertransmisi manual dan M Fathra Nazrul dari Riau Pos untuk kategori Astra Daihatsu Ayla bertransmisi otomatis. Toha berhasil mencatat konsumsi BBM 27,1 km/liter, sedangkan Fathra sukses dengan pencapaian 21.6 km/liter.

"Pihak ADM selalu memberikan edukasi kepada pengguna kendaraan untuk selalu melakukan pola berkendara yang baik dan efisien dalam penggunaan BBM. Dalam acara ini, rekan-rekan jurnalis dapat langsung melihat, merasakan dan menilai sendiri seberapa efisien penggunaan BBM pada Astra Daihatsu Ayla ini," ujar Amelia. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA