Mobil Hibrida & Listrik Ford Siap Melaju di ASEAN

BA
Oleh Bachtiar Abdullah
Senin 03 Desember 2012
share
Bill Ford - ist

INILAH.COM, Bangkok - Ford Motor Co sedang mencari waktu yang tepat untuk mengenalkan kendaraan ramah lingkungan seperti mobil hibrida dan listrik di Thailand dan kawasan ASEAN lainnya.

"Tapi kita juga memerlukan infrastruktur yang baik. Agar elektrifikasi mobil bisa terlaksana dengan cepat. Kita memerlukan akses mencolokkan listrik selain sistem tenaga listrik yang mumpuni dengan metoda lebih bersih daripada pembangkit listrik berbasis batubara," ujar Bill Ford, komisaris utama pabrik mobil berbasis di AS kepada para wartawan di Bangkok, Thailand, Minggu (2/12).

Mobil Ford Focus bertenaga listrik, baru-baru ini diluncurkan di China, namun belum dipasarkan secara komersial, seperti yang dilakukan Ford di AS dan Eropa.

"Saya optimistis dengan teknologi mobil listrik ini, tapi juga frustasi karena infrastrukturnya tak mendukung," ujarnya, seperti ditulis The Nation.

Ford sudah mampu meningkatkan pangsa pasarnya di Asean selama dua tahun terakhir berkat diluncurkannya model-model 'One Ford' seperti Fiesta, Focus dan Ranger, ujar Matt Bradley, President Ford untuk Kawasan ASEAN.

"Pada 2010, pangsa pasar Ford di Thailand hanya 1,6% tapi tahun ini meningkat tajam sampai 4 persen. Di ASEAN, pangsa pasar kita naik dari 1,9% pada 2010 naik menjadi 3 persen pada 2012," ujar Bradley.

Produk andalan Ford berikutnya di ASEAN adalah EcoSport yang termasuk dalam kategori SUV kecil. EcoSport direncanakan diluncurkan di Thailand pada 2013 atau 2014 mendatang.

Mesin tangguh Ford Ecoboost yang menyabet berbagai penghargaan juga akan dipasang pada mobil-mobil masa depan Ford di ASEAN.

"Kekuatan kita sebagai perusahaan global memungkinkan kita menarik produk dari seluruh dunia untuk kita tawarkan di sini," tutur Bill Ford.

"Kita sangat gembira dengan produksi dan penjualan di Thailand dan Kawasan ASEAN," pungkasnya. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA