IIHS Lansir Daftar Mobil Teraman 2013

IS
Oleh Ikhsan S. Nathabradja
Minggu 06 Januari 2013
share
autoblog.com

INILAH.COM, Virginia - Setelah melakukan berbagai rangkaian tes, The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) memberi penghargaan kepada 13 mobil yang dinilai sebagai mobil teraman di tahun 2013.

Predikat 'Top Safety Picks+ 2013' ini diberikan IIHS kepada mobil-mobil yang mendapatkan peringkat 'baik' untuk perlindungan penumpang di empat dari lima tes yang telah dilakukan.

IIHS juga melakukan pengujian anyar berjuluk small overlap test yang dilakukan untuk menilai performa mobil saat terjadi tabrakan dengan mobil atau objek lain pada bagian sudut depan, semisal tiang listrik.

Dan ke 13 mobil yang berhasil mendapatkan rating teratas adalah Acura TL, Dodge Avenger dan kembarannya Chrysler 200, Ford Fusion, Honda Accord coupe dan Honda Accord sedan, Kia Optima, Nissan Altima, Subaru Legacy, Subaru Outback, Suzuki Kizashi, VW Passat dan Volvo S60.

Performa dari semua mobil tersebut telah diuji coba oleh IIHS termasuk melakukan tes benturan dari depan, tabrakan frontal di depan, tabrakan dari samping, terbalik dan evaluasi pada seat/head restraints.

"Dari 29 model yang telah dievaluasi dalam berbagai rangkaian tes, kami putuskan bahwa 13 mobil ini memiliki nilai tertinggi dalam hal keamanan dan perlindungan terhadap kecelakaan. Oleh karena itu kami berikan penghargaan 'Top Safety Pick+ 2013' kepada mereka," ujar Presiden IIHS Adrian Lund, dalam siaran persnya seperti dikutip oleh Autoblog.

Selain menyematkan gelar 'Top Safety Pick+' kepada 13 mobil tadi, IIHS juga memberikan perhargaan 'Top Safety Pick' kepada 117 mobil lainnya yang juga dinilai memiliki tingkat keamanan dan perlindungan terhadap kecelakaan yang mumpuni. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA