Wah, Ternyata Yamaha Pernah Membuat Mobil Sport

WP
Oleh Wahyu Perdana Putera
Senin 07 Januari 2013
share
mycarquest.com

INILAH.COM, Aichi - Yamaha, pabrikan yang terkenal dengan sejumlah motor besutannya yang tangguh dan laku keras di seluruh dunia, ternyata pernah membuat sebuah mobil, bahkan menjadi supercar pertama di Jepang.

Toyota 2000GT adalah supercar sekaligus grand touring car pertama yang dibuat oleh Jepang dan Toyota. Mobil ini pertama kali dipamerkan di Tokyo Motor Show pada tahun 1965, dan yang mengejutkan ternyata mobil bersejarah ini diproduksi oleh Yamaha antara 1967-1970.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui hal ini, karena bagi orang awam, Yamaha adalah pabrikan motor, bukan mobil. Ketika itu, Toyota 2000GT diterima dengan baik oleh media dan publik, bahkan kini sangat digemari kolektor.

Dilansir MyCarQuest, Toyota 2000GT memiliki mesin berjenis straight-6 berkapasitas 2-liter (2.000 cc) seperti yang digunakan oleh Toyota Crown pada masa itu. Yamaha memprogram ulang mesin tersebut menjadi GT double overhead camshaft dengan tenaga 150 hp.

Versi terakhirnya (1970) menggunakan mesin 2.3-liter. Dengan memakai transmisi manual 5-percepatan, mobil berpenggerak empat roda ini mampu mencapai kecepatan puncak 140 mil/jam atau sekitar 225 km/jam.

Toyota 2000GT juga pernah ikut terlibat dalam film James Bond klasik, You Only Live Twice. Saat itu, Sean Connery yang berperan sebagai James Bond menggunakan dua mobil Toyota 2000GT.

Mobil sport klasik besutan Yamaha ini adalah mobil yang sangat langka, terutama versi setir kiri karena mereka hanya membuat 75 unit saja.

Mobil ini adalah supercar pertama dari Jepang, dan fakta bahwa ternyata Yamaha yang membuat mobil ini membuatnya semakin diinginkan oleh para kolektor mobil di Jepang, dan yang jelas harganya pasti sangat mahal.

Sebuah sumber menyatakan bahwa Toyota 2000GT saat ini harganya bisa mencapai antara US$630 ribu hingga US$820 ribu, tergantung kondisi dan modelnya. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA