Dorong Minat Terhadap Ilmu Pengetahuan

Kafe Ilmiah Kian Menjamur di AS

IS
Oleh Ikhsan S. Nathabradja
Minggu 03 Februari 2013
share
sciencecafes.org

INILAH.COM, Orlando - Sejumlah restoran di AS semakin banyak yang mengadakan apa yang disebut 'kafe ilmiah', yaitu diskusi mengenai hal-hal berbau ilmiah dengan tentunya didampingi minuman dan makanan.

Kafe ilmiah ini membuat warga AS dapat meminum bir sambil mendengarkan kuliah ringan tentang biologi atau memakan burger sambil melihat pemaparan sejumlah teori fisika milik Stephen Hawking.

Berbagai kafe ilmiah ini bermunculan di hampir semua negara bagian, termasuk di sebuah restoran tapas dekat Orlando, negara bagian Florida.

Di restoran tersebut, seorang desainer grafis bernama Sean Walsh menggambarkan dirinya dan teman-temannya sebagai penonton awam. Ia menyantap makanan dan bir sambil belajar tentang asteroid dan radiasi di sana.

"Kami hanya ingin belajar dan menyerap banyak hal. Tapi kami juga ingin bersosialisasi dan bersenang-senang," ujar Walsh, 27, kepada Reuters,baru-baru ini.

Menjamurnya kafe ilmiah di AS ini disebabkan karena dorongan pemerintah untuk menaikkan lulusan di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika. Pada umumnya, peserta datang karena penasaran ingin mendengar perkembangan terbaru ilmu dan teknologi.

Akan tetapi tentunya tidak semua pembicara pandai menarik perhatian, seperti yang dialami Walsh ketika ia mengaku tersesat di dalam rimba istilah pada salah satu ceramah.

"Tidak semua ilmuwan punya bakat berbicara di depan publik dengan bahasa yang mudah mengenai terapi radiasi tumor, misalnya. Jika ada yang seperti itu, mereka harus memiliki acara televisi sendiri," ujar Walsh.

Maraknya kafe ilmiah di AS ini terinspirasi oleh gerakan serupa bernama Cafe Scientifique di Inggris. Gerakan ini pertama hadir di Kota Leeds pada 1998 sebagai acara yang diadakan secara rutin. Pihak-pihak yang berminat dapat berpartisipasi dalam forum yang tidak formal mengenai kemajuan sains dan teknologi terkini.

Kegiatan Cafe Scientifique biasanya diadakan di pub dan restoran dan dimulai dengan ceramah pendek, diikuti dengan istirahat sebentar untuk mengisi minuman, dilanjutkan dengan diskusi terbuka. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA