Apple Tak Bisa Jual iPhone di Brazil

AT
Oleh Ahmad Taufiqqurakhman
Jumat 15 Februari 2013
share
Reuters

INILAH.COM, Brasilia - Tampaknya Apple tidak bisa menjual produk iPhone mereka di Brazil. Apa sebabnya?

Dilaporkan Reuters, lembaga hak cipta Brazilian Institute of Intellectual Property pada Rabu (13/2), mengumumkan bahwa Apple tak bisa menggunakan merk 'iPhone' di Brazil. Sebabnya, sebuah perusahaan lokal, Gradiente SA mengajukan paten atas merek itu sejak tahun 2000.

Gradiente adalah perusahaan pengembang perangkat telekomunikasi pertama di Brazil. Izin paten itu diberikan sejak tahun 2000, atau tujuh tahun sebelum Apple meluncurkan iPhone. Dalam mereknya, tak seperti iPhone milik Apple, Gradiente menggunakan merk 'iphone' dengan huruf 'p' kecil.

Pihak Gradiente menyatakan, telepon genggam merupakan pencetus awal dalam konvergensi transmisi suara dan data yang memanfaatkan internet. Smartphone milik Gradiente pun baru diluncurkan pada 2004.

Tak seperti Apple, iphone Gradiente menggunakan sistem operasi Android. Dibandingkan dengan milik Apple, harga iphone Gradiente jelas jauh lebih murah, salah satunya karena spesifikasi telepon genggamnya yang tak terlalu canggih.

Lembaga hak cipta Brazil memberi solusi jika Apple tetap ingin memakai nama tersebut di Brazil. Caranya hanya dengan membeli paten tersebut kepada Gradiente.

Namun hingga kini belum ada tanggapan resmi dari pihak Apple mengenai usulan ini. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA