Liputan IIMS 2013

Mobilio, LMPV Pertama Honda untuk Indonesia

AT
Oleh ahmad taufiqqurakhman
Sabtu 21 September 2013
share
(inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Pertama kali di dunia, Honda menampilkan prototipe Honda Mobilio di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, di Jakarta.

World Premiere dari Honda Mobilio ini dilakukan langsung oleh Presiden Direktur sekaligus CEO Honda Motor Co Ltd Takanobu Ito pada hari pertama gelaran IIMS 2013. Honda Mobilio merupakan model low multi purpose vehicle (LMPV) pertama Honda di Indonesia, sekaligus model pertama yang diciptakan Honda khusus untuk pasar Indonesia.

Segmen LMPV merupakan segmen otomotif dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia, mencangkup sekitar 32% dari seluruh total market di tahun 2013.

"Segmen ini diminati konsumen karena menawarkan mobil keluarga berkapasitas tiga baris yang memiliki harga lebih terjangkau, sangat ideal dengan karakter sebagian besar konsumen di Indonesia yang banyak menghabiskan waktu bersama keluarga maupun kerabat," ujar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) di arena IIMS 2013, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Menurut Jonfis, konsumen di segmen ini terdiri dari pembeli mobil pertama yang mengutamakan harga yang terjangkau namun mementingkan kualitas.

Honda Mobilio disematkan mesin i-VTEC SOHC 1,5 liter, 16 valve, dan empat silinder. Mesin ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Sejak awal, Honda Mobilio dirancang sebagai model yang tidak hanya memenuhi semua yang dibutuhkan dari sebuah LMPV, namun dapat membawa standar kualitas tinggi dan performa sporty yang menjadi ciri khas produk Honda.

"Untuk mencapai hal tersebut, Honda melakukan riset terhadap konsumen di Indonesia, kondisi jalan, serta penggunaan mobil demi memastikan bahwa Honda Mobilio benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia," papar Jonfis.

Hasil riset tersebut, lanjut Jonfis, dituangkan dalam desain dan fitur-fitur yang ditawarkan Honda Mobilio. Dimensi mobil sepanjang 4,39 meter merupakan ukuran ideal untuk menciptakan kabin yang lapang, namun tidak menyulitkan saat parkir.

Ground clearance yang tinggi (185mm) memberikan kenyamanan dan keyakinan berkendara untuk konsumen di berbagai kondisi jalan di Indonesia. Selain itu, jarak sumbu roda atau wheelbase sepanjang 2.650 mm serta tinggi yang optimal menghasilkan tingkat manuver sekaligus stabilitas yang baik.

"Dimensi yang dirancang dengan sangat teliti tersebut, ditambah desain yang dinamis, tenaga mesin terbesar di kelasnya, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi menghasilkan paket yang sangat kompetitif bagi Honda Mobilio," jelas Jonfis.

Pihak HPM berencana bakal memasarkan Mobilio pada tahun 2014 mendatang. Nantinya akan ada dua tipe Mobilio yang akan beredar, yakni tipe S dan tipe E. Untuk yang dipamerkan di IIMS 2013 ini adalah Mobilio tipe S.

Pada ajang IIMS 2013 ini juga konsumen sudah dapat melakukan pemesanan terhadap model Honda Mobilio ini. Adapun kisaran harga yang ditawarkan oleh Honda kepada konsumennya adalah Rp150 juta hingga Rp180 juta.

Setelah ajang IIMS 2013, Honda Mobilio akan dibawa ke kota-kota besar di Indonesia untuk dipamerkan dan diperkenalkan langsung kepada konsumen.

"Target pemesanan atau indent Honda Mobilio selama IIMS 2013 adalah sebesar 2.500 unit. Sementara untuk penjualannya, kami menargetkan 80 ribu unit per tahun mulai 2014," ujar Jonfis. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA