Go Public, Raksasa E-commerce Ini Makin Berkembang

IS
Oleh iit septyaningsih
Kamis 08 Mei 2014
share
nbcnews

INILAHCOM, Hangzhou - Perusahaan bisnis e-commerce China, Alibaba, semakin berkuasa, dan menjadi saingan berat eBay dan Amazon.com. Pada Initial Public Offering (IPO) kemarin, Alibaba menawarkan jumlah US$41 miliar.

Alibaba telah mengoperasikan pasar internet terbesar di dunia, terutama di China. Bahkan jumlah pegawainya lebih banyak daripada Yahoo atau Facebook, yakni 24 ribu pekerja.

Meski berpusat di Hangzhou, China, namun Alibaba juga mempunya kantor di AS, Inggris, India, Jepang, dan Korea. Perusahaan ini semakin berkembang, sejak didirikan pada 1999 lalu.

"Misi kami adalah membuat bisnis menjadi mudah dilakukan di mana saja," tukas juru bicara Alibaba dalam pengajuan IPO, seperti dilansir NBCNews.

Alibaba dianggap sebagai gabungan dari sistem Amazon.com, eBay, dan Paypal.

"Keberhasilan Alibaba karena mereka mempunyai model bisnis lebih baik dibandingkan Amazon, karena Alibaba tak mempunyai apa pun yang diinvestasikan dalam persediaan," ujar Bert Dohmen, President of Dohmen Capital Research.

Jadi pelanggan menggunakan Alibaba untuk belanja online, menjual barang, serta melakukan pembayaran online.

Alibaba pun mempunyai dua situs ritel, yaitu Taobao yang menampilkan ribuan produk tanpa brand, serta Tmall yang menampilkan produk bermerek. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA