Tips Aman Menjaga Password dari Peretas

IN
Oleh Ibnu Naufal
Minggu 10 Agustus 2014
share
(Foto: Riset)

INILAHCOM, Jakarta - Pekan ini, Internet dihebohkan dengan kabar bahwa sekelompok peretas asal Rusia berhasil mencuri lebih dari satu miliar kombinasi password dan username serta 500 alamat email.

Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda salah satu dari korbannya, jawabannya adalah mungkin saja.

Sebelum menjabarkan apa yang dapat Anda lakukan, perlu diketahui apa sebenarnya yang dicari oleh Peretas dengan mencuri password dan alamat email Anda.

Menurut Hold Security, pihak yang mengungkap kasus peretasan ini, kelompok Peretas tersebut diperkirakan menjual alamat email hasil curiannya ke perusahaan-perusahaan pembuat spam.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda mengubah password email dan akun-akun di Internet lainnya, karena spammer dapat menggunakan email Anda dan mengirim email palsu ke rekan atau keluarga Anda untuk meminta uang atau menawarkan produk.

Dalam memilih password pun Anda perlu berhati-hati. Jangan jadikan tanggal ulang tahun atau tanggal penting lainnya sebagai password. Ada baiknya memilih password yang mengandung kombinasi huruf dan angka namun tetap dapat diingat oleh Anda.

Anda pun disarankan agar tidak menggunakan password yang sama untuk beberapa akun..

Untuk memudahkan Anda mengingat password, software seperti 1Password dan Lastpass dapat bermanfaat untuk membantu Anda membuat password dan menyimpannya agar dapat Anda lihat ketika hendak log in. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA