Baterai Ponsel Ini Bisa Diisi Hanya dengan Suara

IN
Oleh Ibnu Naufal
Kamis 14 Agustus 2014
share
gizmag.com

INILAHCOM, London - Para peneliti di Inggris telah mengembangkan sebuah ponsel yang mengubah suara latar seperti lalu-lintas, percakapan atau musik, menjadi listrik. Seperti apa?

Sebuah purwarupa (prototip) hasil kerjasama ilmuwan dari Queen Mary University of London (QMUL) serta Nokia telah dibuat, dan memungkinkan pengguna dapat mengisi daya smartphone hanya dengan suara.

Gizmag melansir, Kemampuan unik ini berasal dari nanogenerator yang mampu mengubah suara atau getaran menjadi listrik. Tim menemukan bahwa konsep ini sebelumnya mampu meningkatkan kinerja panel surya.
Teknologi ini berdasarkan pada konsep yang diajukan oleh para ilmuwan Korea empat tahun lalu disebut sebagai efek piezoelektrik, yang menjelaskan bagaimana nanowires terbuat dari seng oksida menghasilkan arus listrik ketika mereka mengalami beberapa jenis stres mekanik, seperti tergencet, diregangkan atau membungkuk.
"Mampu menjaga daya perangkat mobile lebih lama (awet) dengan memanfaatkan energi liar (kebisingan) adalah konsep yang menarik," kata Joe Briscoe, peneliti di QMUL.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA