Waspada, Spam 'Wanita Mabuk' Facebook Merajalela

IN
Oleh Ibnu Naufal
Rabu 17 Desember 2014
share
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Baru-baru ini, video dengan gambar cuplikan adegan video vulgar kembali menyebar situs media sosial Facebook. Tautan video yang cukup mengundang keingintahuan tersebut pun sudah ramai beredar di jejaring sosial tersebut.

Menurut pantauan INILAHCOM, pancingannya adalah video dengan judul Gadis Mabuk Setelah Pesta dan Bukan menolong justru memanfaatkan wanita mabuk ini dengan preview gambar video, seakan dari YouTube, yang menunjukkan seorang gadis mabuk dalam pose vulgar.

Jika URL video itu diklik, pengunjung nantinya akan diarahkan ke sebuah website. Jangan harap Anda akan dapat menemukan video tersebut di situ, yang muncul justru iklan pop-up dan postingan tersebut akan menyebar di akun beserta teman Facebook pengguna.

Jika iklan pop-up itu diklik, spammer juga bisa memanfaatkannya untuk mendongkrak trafik web mereka dengan tujuan untuk menarik untung dari iklan.

Modus lainnya, URL tersebut disusupi malware yang dapat menginfeksi komputer korban. Selanjutnya peretas dengan mudah dapat mengakses informasi pribadi yang ada di komputer korban, termasuk data finansial.

Facebook dasarnya sudah mengimbau agar pengguna internet mewaspadai penipuan video vulgar tersebut. Pasalnya, scammer sering mendompleng berita atau video vulgar untuk menarik pengguna.

Jika malware yang menyamar jadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting malware 'gadis mabuk' di wall Facebook.

Untukmenghapusnya, Anda dapat klik 'Laporkan/Hapus Tanda' pada postingan tersebut seperti gambar di bawah ini:

Jika sudah maka akan muncul pilihan menu, Pilihlah Menu bertuliskan 'Ini Spam'.

Selanjutnya dari pihak Facebook memberitahukan jika proses Anda sudah selesai dan untuk selanjutnya pihak Facebook akan melakukan pengecekan

Namun, Jika anda sudah menjadi korban, Facebook menyarankan untuk melakukan langkah-langkah ini:

1. Buka peramban browser Anda (misal Mozilla Firefox).
2. Akses Tools -> Add-ons -> Ekstensi.
3. Setelah Anda menuju ke halaman ekstensi, tinjau daftar plug-in dan menghapus apapun yang terlihat mencurigakan di sana.
4. Klik gambar tempat sampah di sebelah kanan dan klik tombol Hapus pada kotak 'Konfirmasi Penghapusan'.
5. Restart browser Anda

Setelah menjalankan langkah-langkah di atas, disarankan bagi para 'korban' untuk segera mengganti password akun Facebook. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA