WhatsApp Bisa 'Dikunci' via Face ID dan Touch ID

IN
Oleh Ibnu Naufal
Rabu 06 Februari 2019
share
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Sebuah fitur keamanan baru WhatsApp kini telah hadir melalui fitur 'Screen Lock' di mana akses aplikasi hanya bisa dilakukan setelah kunci keamanan dibuka.

Hal ini membuat aplikasi instant messaging populer itu tidak mudah diakses oleh sembarang orang sekalipun smartphone ada dalam posisi tidak terkunci.

Fitur keamanan ekstra tersebut untuk saat ini baru ditawarkan di WhatsApp untuk iOS. Pengguna iPhone bisa mengintegrasikan Touch ID atau Face ID, dua fitur keamanan di iOS, ke dalam WhatsApp.

Jadi, untuk mengakses WhatsApp, pengguna harus membukanya dengan menggunakan fingerprint scanner atau face recognition.

Untuk mengaktifkannya, Anda cukup masuk dengan membuka Pengaturan > Akun > Privasi > Kunci Layar. Setelah pindah ke layar Kunci Layar, aplikasi menunjukkan metode otentikasi yang tersedia --Touch ID atau Face ID-- yang dapat diaktifkan untuk mengunci WhatsApp Anda.

Anda juga dapat memilih apakah Anda ingin persyaratan otentikasi biometrik segera atau setelah selang waktu satu menit, 15 menit, hingga satu jam.

Penggunaan 'Screen Lock' ini memang akan membuat satu langkah tambahan dibutuhkan saat ingin membuka WhatsApp.

Hal ini mungkin akan dirasa merepotkan bagi sebagian pengguna. Namun, hadirnya fitur tersebut tentu saja menawarkan keamanan ekstra untuk yang membutuhkannya.

Sementara untuk yang tidak merasa membutuhkan, pemakaian fitur ini hanya bersifat opsional, sehingga pengguna pun tetap dapat memilih untuk tidak memakainya.

Satu hal yang perlu diperhatikan, 'Screen Lock' ini tidak benar-benar mengunci total WhatsApp, terlebih bila pengguna masih mengaktifkan fitur preview di notifikasi.

Pengguna masih bisa melihat pesan terakhir yang masuk ketika smartphone tidak dalam keadaan terkunci, dan fitur reply cepat pun masih bisa diakses. Bila pengguna ingin benar-benar mengunci WhatsApp, preview itu harus dinonaktifkan.

Sejauh ini, WhatsApp masih belum memberikan konfirmasi apakah fitur ini juga akan tersedia di Android.

Apabila memang fitur itu juga akan tersedia di Android, bisa jadi tim pengembang WhatsApp akan butuh beberapa waktu untuk menghadirkannya.

Mari kita tunggu saja kabar dari WhatsApp terkait hal tersebut.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA