Video Prank Oreo Bikin YouTuber Masuk Penjara

IN
Oleh inilahcom
Kamis 06 Juni 2019
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Hati-hati dalam membuat video prank. Seorang YouTuber asal Spanyol dijatuhi hukuman kurungan dan denda akibat video prank bikinannya beberapa tahun lalu.

Adalah Kanghua Ren, YouTuber yang dikenal dengan nama channel ReSet, dijatuhi hukuman penjara 15 bulan oleh pengadilan di Spanyol. Dia juga diwajibkan membayar denda sebesar 20.000 euro atau sekitar Rp320 juta.

Tak cuma itu, channel YouTube Ren yang telah memiliki 1,2 juta subscriber itu juga terancam dibekukan selama lima tahun.

Mengutip Ubergizmo, nasib sial pemuda 19 tahun ini berawal dari video prank yang dibuatnya dua tahun lalu, tepatnya pada Januari 2017.

Dalam video yang diposting ke YouTube itu, Ren dengan sengaja memberikan biskuit Oreo kepada seorang gelandangan di jalan.

Alih-alih biskuit Oreo berisikan krim gula, dia menggantinya dengan pasta gigi yang kebetulan memiliki tekstur yang hampir mirip.

Gelandangan berusia 52 tahun itu pun dibayar 20 euro oleh Ren agar memakan biskuit tersebut.

Karena terkejut, gelandangan itu pun memuntahkan Oreo berisi pasta gigi ketika memakannya. Dia mengaku tidak pernah diperlakukan seburuk ini semasa hidupnya.

Dalam video itu, Ren pun turut melontarkan beberapa patah kata kepada para viewers-nya terkait keusilannya.

"Mungkin aku terlalu usil, namun lihat sisi positifnya, ini (Oreo berisi pasta gigi) akan membersihkan giginya," ujar Ren di video prank tersebut.

"Saya rasa ia (gelandangan) tidak pernah membersihkannya (gigi) karena ia miskin," imbuhnya.

Karena perbuatan dan perkataannya di video tersebut, tak sedikit warganet membanjiri kolom komentar dengan nada negatif.

Viralnya video itu akhirnya menarik perhatian pihak berwajib untuk menuntutnya ke pengadilan. Akhirnya Ren pun dijatuhkan hukuman penjara dan denda karena terbukti bersalah serta dinilai telah melanggar nilai dan norma yang berlaku di Spanyol.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA