Toyota GR Supra

Driving Excitement dalam Tubuh Sang Legenda

IN
Oleh inilahcom
Kamis 25 Juli 2019
share
 

HADIR secara resmi di Indonesia melalui ajang GIIAS 2019, Toyota GR Supra menawarkan excitement dalam pengalaman berkendara serta menghadirkan kembali ciri motorsport pada brand Toyota.

Tak hanya mumpuni di lintasan pacu, mobil dengan tampilan coupe ini menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya. Toyota GR Supra dirancang untuk melahirkan sensasi yang mampu membangunkan emosi kegembiraan bagi penggunanya.

"Kehadiran Toyota GR Supra merupakan wujud apresiasi kami kepada pelanggan sekaligus menunjukkan semangat Toyota yang senantiasa berupaya menghadirkan produk, teknologi dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director Toyota-Astra Motor (TAM).

"Melalui mobil sport ini, kami ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever Betters Cars bagi para pelanggannya," imbuhnya.

Baca juga: Harga Toyota GR Supra Bakal Tembus Rp2 Miliar

Di dunia otomotif, nama Toyota Supra sudah menjadi legenda. Generasi pertamanya hadir pada tahun 1978, diikuti generasi kedua di tahun 1981, lalu generasi ketiga pada tahun 1986, serta generasi keempat di tahun 1993. Toyota kemudian menghentikan produksi mobil balap jalanan ini pada 2002.

Setelah 17 tahun 'menghilang', Supra kembali hadir di 2019 dengan generasi kelimanya mengusung nama Toyota GR Supra.

Dalam pengembangannya, Toyota GR Supra melewati serangkaian uji coba di lintasan sirkuit dan berbagai jalan raya. Targetnya, menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati namun tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

Pengembangan Toyota GR Supra lebih menekankan upaya mencapai kinerja sensivitas yang tinggi dimana setiap dinamika atau gerak mobil bisa menimbulkan emosi kegembiraan.

Menghasilkan driveability yang kuat menjadi salah satu poin utama waku-doki (mengasyikan) dalam pengembangan GR Supra agar bisa tercapai.

Sebelum resmi diperkenalkan pertama kali di Detroit Motor Show 2019, Januari lalu, kinerja Toyota GR Supra telah melalui serangkaian uji coba yang panjang. Melalui tim GAZOO Razing, Toyota sudah mengikutsertakan prototipe generasi kelima ini pada lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nuerburgring, Jerman.

Sebagai informasi, GAZOO Racing adalah bagian Toyota Motor Corporation (TMC) dengan tugas menciptakan mobil Toyota yang lebih emosional dan menyenangkan.

Baca juga: Toyota Hadirkan 3 Mobil Baru dan 9 Dress-up Cars

Telah menjadi keyakinan atau filosofi Toyota sejak era pendiri Kiichiro Toyoda bahwa kondisi ekstrem di lintasan pacu akan mampu mengungkapkan potensi kendaraan secara menyeluruh, hal mana tidak akan terlihat saat mengemudi sehari-hari di jalan raya.

Partisipasi pada ajang motorsport memberi peluang untuk menguji batas maksimum kendaraan, untuk kemudian mendorong batas ini lebih jauh sehingga performa mobil akan menjadi lebih baik. Inilah yang dilakukan Toyota dalam mengembangkan GR Supra.

Sementara itu, melalui uji coba di lintasan jalan raya di berbagai negara, para engineer akan mengetahui karakter yang harus dipunyai Toyota GR Supra sebagai sportscar yang akan diproduksi masal dan dipasarkan secara global.

Semua itu bertujuan untuk menemukan titik keseimbangan optimal bagi tiga elemen kunci stabilitas kendaraan yaitu jarak sumbu roda (wheelabase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity).

Keseimbangan tiga elemen inilah yang bisa menjamin sportscar sejati ini tetap stabil dalam berbagai kondisi lintasan, terutama saat melewati tikungan.

Baca juga: Toyota Luncurkan New Fortuner TRD Sportivo

Dari rangkaian uji coba bertahun-tahun itu, engineer memutuskan untuk memperkecil rasio wheelbase menjadi 2.470 mm. Pusat gravitasinya yang rendah juga memberikan kestabilan saat berkendara, terutama saat menikung.

Distribusi berat kendaraan dibuat seimbang atau 50:50 antara bagian depan dengan belakang dan ini menjadi elemen penting untuk menjaga performa Toyota GR Supra agar tidak limbung saat melintasi tikungan.

Guna lebih memperkuat driveability, gardan mobil sport ini dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur tersebut mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada trek yang lurus.

Untuk tenaga penggerak, engineer tetap mempertahan konfigurasi legendaris Supra dengan mesin 3.000cc Turbo 6- silinder segaris. Dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic, jantung pacu ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 PS yang dicapai pada putaran mesin 5.000-6.500 rpm, dan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm.

"Dikembangkan dengan misi untuk mencapai Supreme Fun To Drive, Toyota GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu namun menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya," ujar Kazunori Minamide, Marketing Director TAM.

"Kehadiran sportcar ini merupakan bagian dari semangat Toyota Lets Go Beyond untuk senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan sejalan dengan upaya mewujudkan Total Ownership Experience melalui pilar Beyond Product, Beyond Techonology, dan Beyond Service," tambah dia.

Eksterior Kian Aerodinamis

Dengan melakukan improvement pada sejumlah titik, eksterior Toyota GR Supra lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya.

Desain akhir berhasil mengurangi hambatan udara dan secara efektif juga menghasilkan tekanan untuk meningkatkan handling dan stabilitas. Bumper depan dan belakang terlihat lebih dinamis.

Bagian samping tampak lebih ramping sehingga velg Alloy Sporty Design dibalut ban dengan ukuran 19 inci yang digunakan terlihat lebih menonjol.

Desain bagian atas hadir dengan double bubble yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang untuk memberi tambahan down force. Spoiler belakang berbentuk duck-tail tampak terintegrasi dengan desain buritan, sehingga memberikan kesan kuat dan sporty.

Ekterior Toyota GR Supra juga dilengkapi enam lampu LED pada bagian depan dan juga pada lampu kombinasi di bagian belakang.

Interior Nyaman dan Sporty

Tata letak interior Toyota GR Supra dirancang untuk memberikan kesan alami sehingga memungkinkan pengemudi berkosentrasi penuh saat berkendara.

Tampilan meter-cluster memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan. Kabin juga dilengkapi sistem multimedia berlayar 8 inci dengan teknologi layar sentuh dan didukung 10 speaker.

Suspensi dan Mode Berkendara

Suspensi menggunakan teknologi AVS (Adaptive Variable Suspension) yang dapat mengontrol respon terhadap permukaan jalan.

Toyota GR Supra juga dilengkapi dengan mode berkendara 'Normal' atau 'Sport' yang dapat disesuaikan dengan selera pengemudi.

"Kami memperkenalkan Toyota GR Supra kepada pengunjung GIIAS 2019 selaras dengan kebutuhan konsumen yang kian dinamis. Pelanggan kini tidak lagi hanya berorientasi pada aspek fungsional, tapi juga pada sisi emosional. Inilah yang menjadi arah produk mobil Toyota ke depan, termasuk GR Supra," kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA