Wow, Google Temukan 14 Celah Keamanan di iPhone

IN
Oleh inilahcom
Selasa 03 September 2019
share
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Tim keamanan bentukan Google, yakni Google Project Zero, mengaku telah menemukan serangkaian celah keamanan di perangkat lunak iPhone yang keberadaannya tidak diketahui selama dua tahun.

Menurut Google Project Zero, celah keamanan itu memungkinkan peretas untuk mendapatkan akses ke foto, informasi lokasi, hingga pesan pribadi milik pengguna iPhone.

Tak tanggung-tanggung, ada 14 celah yang dapat digunakan peretas untuk mengambil informasi pribadi dari perangkat iPhone.

Sebanyak tujuh celah berada di browser web, kemudian lima lainnya pada kernel, serta dua lainnya terpisah pada sandbox.

Pihak Google mengatakan celah-celah keamanan terkait bisa dipakai menyasar pengguna iPhone manapun lewat halaman web yang disisipi program jahat.

"Peretas dapat memiliki akses ke semua file database di ponsel korban yang juga digunakan oleh aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, dan iMessage yang memiliki enkripsi end-to-end," ujar Google, sepetti dilansir CNBC.

Beruntung, setelah diberitahu oleh Google, celah-celah keamanan tersebut sudah ditambal oleh Apple melalui pembaruan software pada Februari lalu. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA