Lelang Digital di Youb.id Dijamin Dapat Produk Ori

IN
Oleh Ibnu Naufal
Senin 28 Oktober 2019
share
(Foto: inilahcom/Ibnu Naufal)

INILAHCOM, Jakarta - Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dengan berkembangnya dunia pasar digital ecommerce dan kini telah hadir startup lelang digital bernama Youb.id.

Youb.id merupakan platform digital ekonomi yang menyediakan lelang online customer to customer (C2C) dengan dukungan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Bersamaan dengan pengenalan platform Youb.id ini, juga diperkenalkan platform Youb.id Fundraising untuk donasi sosial.

Di platform yang resmi diperkenalkan di Jakarta, Minggu (27/10/2019) ini, konsumen bisa menemukan pengalaman unik mengikuti lelang aneka ragam kategori barang, mulai dari produk fashion (pakaian dan aksesoris wanita dan pria), produk elektronik, gadget, collectors item, sampai produk otomotif yang dijamin keaslian produknya.

Chief Executive Officer Youb.id Viar Hendiar menyatakan pihaknya men-develope Youb.id dan Youb.id Fundraising sejak 2018 lalu dan mulai on air di Google Play Store pada Januari 2019.

Untuk bisa mengikuti lelang di platform ini pengguna harus terlebih dulu mengundung aplikasinya di Google Play Store atau di Apple App Store.

Viar menjelaskan, hampir semua jenis/ kategori barang dapat dilelang di platform Youb.id, termasuk barang koleksi pribadi dengan status barang seken (preloved).

Sementara, barang dan item yang tidak dapat dilelang di platform ini antara lain barang yang mengandung unsur pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (hak cipta, merek dagang, hak desain, dan hak paten).

Data-data pribadi dalam bentuk apa pun, benda peninggalan bersejarah, budaya, atau temuan arkeologi, obat-obatan serta produk medis dan farmasi lainnya; kartu identitas dan dokumen resmi; perangkat lunak atau keras untuk decoding/ dekripsi maupun nomor seri pembuka program/ akses tidak sah, dan lain-lain termasuk yang tidak dapat dilelang di platform ini.

Agar pengguna merasakan keamanan dan kenyamanan serta terhindar dari praktik curang seperti penipuan, serta pengguna fiktif atau penawaran fiktif pihaknya telah membuat serangkaian pengaman.

Untuk kedepannya Youb.id menargetkan proyeksi 1.000 member aktif dan minimum 50 transaksi per minggu dengan menyasar para pengguna yang sudah familiar dengan mekanisme lelang online. Seperti para penyelenggara dan peserta lelang online di media sosial, komunitas-komunitas hobi, dan komunitas barang-barang tertentu.

"Selanjutnya seiring penyempurnaan tersebut, target jangka menengah adalah mencapai peningkatan jumlah pengguna dengan menyasar pengguna yang familiar dengan transaksi e-commerce, tapi belum pernah mencoba membeli barang lewat lelang. Di fase inilah Youb.id menargetkan member-nya minimal mencapai 20.000 member aktif, dengan minimum transaksi harian sebanyak 50-100 transaksi," pungkas Viar.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA