Microsoft Resmi Umumkan Konsol Baru Xbox Series X

IN
Oleh inilahcom
Minggu 15 Desember 2019
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Melalui sebuah video trailer, Microsoft resmi mengumumkan generasi terbaru Xbox yang diberi nama Xbox Series X. Konsol game anyar itu rencananya akan rilis ke pasar pada akhir 2020 mendatang.

Video trailer konsol Xbox generasi terbaru itu diungkap Microsoft dalam acara Game Awards 2019 yang berlangsung di Los Angeles, California AS, pada Jumat (13/12/2019).

Dalam video trailer itu, Xbox Series X terlihat memiliki desain menyerupai CPU PC, berbentuk kotak persegi panjang, dengan tepian sudut yang tegas. Menanggalkan desain khas Xbox selama ini.

Dengan bentuk seperti itu, Xbox Series X dapat diposisikan secara horizontal maupun vertikal.

Meski demikian, kontroler pada konsol ini masih mengadaptasi bentuk yang khas layaknya seri Xbox One, namun telah dilengkapi dengan sentuhan fitur tambahan yang modern.

Executive Vice-President of Gaming at Microsoft Phil Spencer menjelaskan, Xbox Series X memiliki fitur baru pada kontrolernya.

"Pada kontrolernya, Xbox Series X miliki bentuk dan ukuran yang telah disempurnakan serta dilengkapi dengan tombol 'share', demi mempermudah pengguna dalam melakukan screenshot pada game," jelas Spencer, seperti dilansir The Verge.

Kontroler terbaru itu juga bakal kompatibel dengan konsol generasi Xbox sebelumnya, seperti Xbox One, dan bahkan PC Windows 10.

Microsoft juga mengklaim bahwa Xbox Series X merupakan konsol paling responsif berkat adanya teknologi Auto Low Latency Mode dan Dynamic Latency Input yang telah diimplementasikan pada konsol ini.

Dari segi dapur pacu, Xbox Series X mengusung CPU bertenaga AMD Zen 2, dengan arsitektur Radeon RDNA yang powerful.

Untuk dapat memberikan pengalaman gaming yang nyata, konsol anyar ini telah mendukung tampilan berkualitas 8K dengan kecepatan frame rate 120 fps, dan tampilan 4K dengan frame rate di angka 60 fps.

Microsoft juga menggadang-gadang Xbox Series X akan memiliki waktu loading yang lebih singkat karena menggunakan media penyimpanan SSD.

Sayangnya, Microsoft belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran Xbox Series X. Raksasa teknologi asal AS ini hanya menuliskan Holiday 2020, atau bertepatan dengan momen akhir tahun menjelang Natal tahun depan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA